Cegah Kelaparan di Puncak Papua, Panglima TNI Kirim Bantuan Logistik 5,5 Ton

Kabupaten Puncak Papua sedang alami cuaca dingin ekstrem

Timika, IDN Times – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memberikan bantuan berupa logistik bahan makanan sebanyak 5,5 ton kepada masyarakat asli Papua di Distrik Agandugume dan Lambewu, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. 

Informasi yang dihimpun IDN Times, bantuan sosial tersebut diterbangkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta dan tiba di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika, Papua Tengah pada Senin (24/7/2023) siang.

1. Bantuan ini untuk mengatasi kelaparan

Cegah Kelaparan di Puncak Papua, Panglima TNI Kirim Bantuan Logistik 5,5 TonKapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman. (IDN Times/Istimewa)

Kapendam XVII/Cenderwasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, menyebutkan bahwa logistik tersebut merupakan bantuan sosial kemanusiaan. 

Dia mengatakan tujuan dari bantuan itu untuk mengatasi ancaman kelaparan di Kabupaten Puncak, khususnya di Distrik Agandugume dan Lambewu, yang mana diketahui beberapa waktu belakangan kedua distrik tersebut dilanda cuaca dingin ekstrem.

"Bantuan akan disalurkan di wilayah Kabupaten Puncak untuk menghindari kelaparan," ujar Herman dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Viral Panglima TNI Minta Panji Gumilang Dihukum Mati, Begini Faktanya

2. Rincian logistik yang diberikan

Cegah Kelaparan di Puncak Papua, Panglima TNI Kirim Bantuan Logistik 5,5 TonLogistik bantuan Panglima TNI tiba di Timika, Papua Tengah, Senin (24/7/2023) siang. (IDN Times/Istimewa)

Adapun rincian bantuan dari 5,5 ton logistik yang diberikan yakni 400 kantong beras 5 kg dengan total 2 ton. Kemudian 200 dus mi instan 4,6 kg dengan total berat 920 kg. 

"Lalu 300 paket sembako lainnya dengan total berat 2,5 ton," tuturnya.

3. Bantuan dikirim secara estafet

Cegah Kelaparan di Puncak Papua, Panglima TNI Kirim Bantuan Logistik 5,5 TonLogistik bantuan Panglima TNI tiba di Timika, Papua Tengah, Senin (24/7/2023) siang. (IDN Times/Istimewa)

Dalam penjelasannya, disampaikan bahwa bantuan kemanusiaan ini dikirim secara estafet menggunakan pesawat C-130 Hercules A-1327 Skadron Udara 31.

"Dari Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta ke Lanud Yohanis Kapiyau Timika, selanjutnya besok menuju ke Bandara Sinak, Puncak," jelas Herman. 

Baca Juga: Tim Pemelihara Jaringan 4G Hilang Kontak di Perairan Mimika Papua 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya