Ditembak KST, Satu Prajurit TNI Gugur di Puncak Papua Tengah

Korban tewas atas nama Praka JL

Timika, IDN Times - Seorang anggota TNI dikabarkan gugur setelah ditembak  Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua di wilayah Gome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (19/5/2023).

Informasi yang dihimpun IDN Times, peristiwa penembakan itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIT, di kawasan PT Martha Tunggal Tehnik yang berada di Kampung Wako. 

Baca Juga: 21 Orang Diduga Anggota KKB di Papua Ditangkap

1. Kapendam XVII/Cenderawasih membenarkan peristiwa tersebut

Ditembak KST, Satu Prajurit TNI Gugur di Puncak Papua TengahKapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman. (IDN Times/Istimewa)

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa penembakan tersebut. Dia mengatakan aksi penembakan itu dilakukan KST Puncak wilayah Gome pimpinan Numbuk Telenggen.

"Benar, telah terjadi penembakan oleh gerombolan KST pimpinan Numbuk Telenggeng," ujar Kapendam melalui pesan pendek, Jumat (19/5/2023) sore.

2. Anggota TNI yang tewas atas nama Praka JL

Ditembak KST, Satu Prajurit TNI Gugur di Puncak Papua TengahIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Kapendam menjelaskan, prajurit TNI yang dikabarkan gugur dalam penembakan itu yakni Praka JL. 

"Saat ini, prajurit yang gugur tersebut dievakuasi menuju RSUD Ilaga, yang selanjutnya akan dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika," tuturnya. 

Baca Juga: Polres Yahukimo Digeruduk Massa Usai Penangkapan 22 Orang Terduga KKB

3. Kondisi keamanan di Ilaga berstatus Siaga I

Ditembak KST, Satu Prajurit TNI Gugur di Puncak Papua TengahKapendam XVII/Cenderwasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. (IDN Times/Endy Langobelen)

Lebih lanjut, Herman mengatakan, aparat keamanan yang berada di Ilaga sedang melaksanakan siaga I untuk mengantisipasi serangan susulan dari gerombolan KST.

"Mohon doanya, semoga keamanan di Ilaga bisa segera pulih, dan prajurit yang gugur mendapat tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya