Kenang Peran Brimob di Papua, Kapolda Resmikan Prasasti Rantis DAPC-1

Rantis Brimob DAPC-1 Wolf terlibat berbagai operasi

Timika, IDN Times - Sebagai bentuk mengenang peran Brimob di tanah Papua, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, menandatangani prasasti kendaraan taktis (rantis) Brimob DAPC-1 Wolf di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Minggu, 17 September 2023. 

Kapolda Papua yang tiba di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua disambut dengan salam hormat oleh seluruh personel. Rombongan selanjutnya menuju ke tempat penandatanganan prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf.

Baca Juga: Disergap KKB, 1 Prajurit Brimob Gugur di Pegunungan Bintang

1. Bentuk penghargaan kepada seluruh personel Brimob

Kenang Peran Brimob di Papua, Kapolda Resmikan Prasasti Rantis DAPC-1Foto bersama dalam kegiatan penandatanganan Prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Kapolda Papua menjelaskan, penandatanganan Prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada semua personel Brimob, yang telah berjuang keras dalam menjalankan tugas-tugas berat di Papua.

“Kegiatan ini menjadi momentum penting yang mengenang peran Brimob dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Papua, sambil terus berkomitmen untuk melanjutkan tugas-tugas yang mendukung stabilitas daerah tersebut,” tutur Fakhiri. 

Kapolda Papua didampingi sejumlah perwira Polri secara resmi menandatangani Prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf pada pukul 15.43 waktu setempat.

2. Peran penting Rantis DAPC-1 Wolf

Kenang Peran Brimob di Papua, Kapolda Resmikan Prasasti Rantis DAPC-1Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, saat menandatangani Prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf. (IDN Times/Istimewa)

Diketahui, prasasti tersebut memiliki makna khusus, karena mencatat peran penting Rantis Brimob DAPC-1 Wolf dalam berbagai operasi di Papua. Rantis tersebut tiba dari Korps Brimob Polri di Sat Brimob Polda Papua pada 2013. 

Selanjutnya, kendaraan ini digunakan dalam berbagai operasi di wilayah Kabupaten Jayawijaya sampai Kabupaten Lanny Jaya hingga 2017.

Pada Oktober 2017 hingga Agustus 2018, Rantis Brimob DAPC-1 Wolf turut serta dalam Tugas Operasi Terpadu Penegakan Hukum Pembebasan Sandera masyarakat di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Selama digunakan, Rantis Brimob DAPC-1 Wolf menghadapi medan yang berat, termasuk kondisi geografis yang sulit di Distrik Tembagapura yang berlokasi di ketinggian 3.500 mdpl.

Rantis ini menjadi simbol kegigihan dan pengabdian Polri dalam menjaga keamanan di wilayah Papua.

Baca Juga: KKB Berulah Serang Pos Brimob di Intan Jaya Papua Tengah

3. Pejabat yang turut hadir dalam kegiatan ini

Kenang Peran Brimob di Papua, Kapolda Resmikan Prasasti Rantis DAPC-1Foto bersama dalam kegiatan penandatanganan Prasasti Rantis Brimob DAPC-1 Wolf oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (IDN Times/Istimewa)

Di antara perwira yang turut hadir mendampingi Kapolda Papua dalam kegiatan ini yakni Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol I Ketut G. Wijatmika; Karo Rena Polda Papua, Kombes Pol Mulyadi.

Kemudian, Dirintelkam Polda Papua, Kombes Pol Wawan Setiyawan; Dirreskrimum Polda Papua, Kombes Pol Arif Bastari; Dansat Brimob Polda Papua, Kombes Pol Budi Satrijo; serta beberapa perwira tinggi lainnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya