KKB Tembak Warga Sipil dan Bakar Gudang Beras Pemda Puncak

Korban tertembak di bagian pelipis

Puncak, IDN Times – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, tepatnya kompleks Pasar Tradisional Ilaga, Rabu (23/8/2023). Berdasarkan siaran pers dari Humas Polda Papua, Kamis (24/8/2023), seorang warga sipil bernama Lukman Ahmad (32) menjadi korban dalam penyerangan itu. 

"Korban mengalami luka tembus pada bagian pelipis hingga belakang kepala," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, dalam rilis tersebut.

1. Kronologi penyerangan di Pasar Tradisional Ilaga

KKB Tembak Warga Sipil dan Bakar Gudang Beras Pemda PuncakIlustrasi penyerangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, menyebutkan kronologi kejadian ini bermula sekitar pukul 18.40 WIT saat korban sedang berada di kios miliknya.

Tidak lama, lanjut I Nyoman, korban mendengar suara langkah seseorang yang mendekatinya dan dengan cepat melakukan penembakan ke arah korban menggunakan senjata laras pendek.

"Saat aparat keamanan TNI-Polri merespons suara tembakan, korban ditemukan terluka dan berdarah di kepala. Namun, kondisinya masih sadar. Meski aparat keamanan sudah melakukan penyisiran, pelaku tidak ditemukan di area TKP yang kemungkinan telah melarikan diri," ujar I Nyoman.

Baca Juga: KKB Serang Pos TNI di Yahukimo, Pratu Agung Pambudi Gugur

2. KKB juga bakar Gudang Beras Pemda Puncak

KKB Tembak Warga Sipil dan Bakar Gudang Beras Pemda PuncakKapolres Puncak, Kompol I Nyoman PUNIA, IDN Times/ Ricky Lodar

Usai korban berhasil dievakuasi ke RSUD Ilaga untuk penanganan medis, dijelaskan I Nyoman, aparat TNI-Polri mendapatkan laporan telah terjadi pembakaran Gudang Beras milik Pemda Puncak. Bersamaan dengan itu, terdengar juga suara tembakan, diduga senjata yang sama untuk melukai Lukman Ahmad.

"Aparat gabungan hingga saat ini sedang melakukan pengamanan ketat di sekitar RSUD Ilaga dan patroli sekitar Kota Ilaga. Kami juga tengah melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku serta motif di balik dua kejadian ini," ujar I Nyoman.

3. Situasi di Pasar Tradisional Ilaga masih rawan

KKB Tembak Warga Sipil dan Bakar Gudang Beras Pemda PuncakIlustrasi aksi penembakan oleh KKB. (IDN Times/Istimewa)

Dalam menghadapi situasi ini, aparat keamanan gabungan TNI-Polri berkoordinasi dan menjaga situasi agar tetap terkendali. Terdapat kekhawatiran situasi di sekitar Kompleks Pasar Tradisional Ilaga masih rawan, sehingga pengamanan dan patroli terus dilakukan.

"Rencananya, korban akan dievakuasi hari ini menuju RSUD Mimika guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," ujar I Nyoman.

Baca Juga: Perpustakaan SMAN 1 Ilaga di Puncak Papua Ludes Dibakar KKB

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya