Kunjungi Yahukimo, Kaops Damai Cartenz Bertemu Sejumlah Tokoh Adat

Kerja sama dari tokoh adat sangat dibutuhkan

Yahukimo, IDN Times – Kaops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani bertemu para tokoh adat di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Tindakan itu diambil untuk menciptakan rasa aman dan damai di Yahukimo.

Pertemuan itu dilakukan Kombes Pol Faizal Ramadhani saat mengunjungi Kabupaten Yahukimo, Senin (28/8/2023).

Dalam kunjungan itu, Kombes Pol Faizal menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan Bartol Kubu, seorang Kepala Suku Momuna yang juga menjabat Kordinator 5 wilayah adat di Yahukimo. 

Baca Juga: Gedung Perkantoran Pemkab Yahukimo Ludes Terbakar

1. Pertemuan dilakukan di Kampung Dekai

Kunjungi Yahukimo, Kaops Damai Cartenz Bertemu Sejumlah Tokoh AdatOps Satgas Damai Cartenz 2023 silaturahmi dengan tokoh adat di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Kepada IDN Times, Faizal menyampaikan pertemuannya dengan Bartol Kubu berlangsung di Jalan Sosial Matoa, Kampung Dekai, pada Senin siang.

Faizal yang didampingi Kapolres Yahukimo AKBP Arif Kristanto disambut hangat oleh Bartol Kobu.

Baca Juga: KKB Serang Pos TNI di Yahukimo, Pratu Agung Pambudi Gugur

2. Kehadiran Satgas Damy Cartenz berikan rasa aman

Kunjungi Yahukimo, Kaops Damai Cartenz Bertemu Sejumlah Tokoh AdatKepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Faizal Ramadhani. (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Faizal menjelaskan kepada Bartol Kobu bahwa kehadiran Ops Damai Cartenz di Kabupaten Yahukimo untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. 

“Kehadiran Satgas Damai Cartenz ini bertujuan untuk berkerja sama dengan para tokoh masyarakat dalam upaya menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Yahukimo. Keamanan dan kenyamanan masyarakat menjadi prioritas utama operasi Damai Cartenz 2023,” jelas Faizal.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Yahukimo, AKBP Arif Kristanto. Kedatangan Polri di Yahukimo murni memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan kehadiran kami. Keberadaan pos-pos pengamanan ini untuk membuat situasi di sekitar menjadi aman. Jangan terprovokasi dengan kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab, yang kerap menyebarkan berita palsu,” tutur Arif.

Baca Juga: Anggota KKB di Yahukimo yang Serang Satgas Damai Cartenz Ditangkap

3. Kerja sama dari para tokoh adat sangat dibutuhkan

Kunjungi Yahukimo, Kaops Damai Cartenz Bertemu Sejumlah Tokoh AdatOps Satgas Damai Cartenz 2023 silaturahmi dengan tokoh adat di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Untuk itu, Arif berharap tokoh masyarakat mau berkolaborasi dengan Polri untuk memulihkan kembali situasi di Kabupaten Yahukimo.

“Keamanan ini menjadi tanggung jawab bersama. Polri tidak akan bisa bekerja maksimal tanpa dukungan dari masyarakat," kata Arif.

"Harapan Polri kepada Bapak Bartol Kubu selaku Koordinator wilayah adat Yahukimo bisa berikan bantuan dan kerja samanya mewujudkan Yahukimo yang aman dan damai,” imbuhnya.

Sementara di akhir perjumpaan tersebut, Ka Ops Damai Cartenz turut memberikan bantuan berupa sembako kepada Bartol Kubu untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain berkunjung di Distrik Dekai, Kepala Operasi Damai Cartenz juga berkunjung di kediaman tokoh masyarakat lainnya di Distrik Seredala.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya