Pemkab Pegunungan Bintang Pulangkan Warga Usai Penyerangan KKB

Masyarakat juga diberi bantuan berupa makanan

Pegunungan Bintang, IDN Times - Masyarakat Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, akhirnya kembali ke kampungnya usai penyerangan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Seperti diketahui, masyarakat Distrik Serambakon sebelumnya terpaksa mengungsi demi mengamankan diri ketika KKB pimpinan Ananias Ati Mimin melakukan berbagai aksi serangan sejak pertengahan September 2023.

Dalam kesempatan ini, Senin (16/10/2023), aparat TNI-Polri bekerja sama dengan Forkopimda setempat ikut memfasilitasi kepulangan masyarakat hingga ke rumah masing-masing.

Baca Juga: Asal Usul 3 Senjata Api KKB yang Disita di Pegunungan Bintang Papua

1. Pemkab Pegunungan Bintang berterima kasih kepada pihak yang terlibat pemulangan warga

Pemkab Pegunungan Bintang Pulangkan Warga Usai Penyerangan KKBPasukan TPNPB Kodap 35 Bintang Timur saat melakukan pembakaran di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Wakil Bupati (Wabup) Pegunungan Bintang, Kris Bakweng Uropmabin, menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri serta elemen terkait yang sudah bersama-sama mengamankan kegiatan kepulangan masyarakat dari Distrik Serambakon," ucap Wabup Kris.

"Harapannya, ke depan situasi kamtibmas di Kabupaten Pegunungan Bintang pada umumnya tetap aman dan kondusif,” imbuhnya.

2. Masyarakat mendapat bantuan makanan

Pemkab Pegunungan Bintang Pulangkan Warga Usai Penyerangan KKBPasukan TPNPB Kodap 35 Bintang Timur saat beraksi membakar sejumlah rumah di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Wabup Kris menambahkan bersamaan dengan kepulangan ini, masyarakat juga diberikan bantuan berupa makanan.

Wakapolres Pegunungan Bintang, Kompol Micha Toding, juga menyampaikan terima kasih kepada kepala kampung di Distrik Serambakon, yang telah mewakili masyarakat terkait Pos Keamanan.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang dapat memfasilitasi tempat atau pos keamanan.

Baca Juga: 5 Jenazah Anggota KKB Dievakuasi ke RSUD Pegunungan Bintang

3. Warga diimbau kembali ke rumah

Pemkab Pegunungan Bintang Pulangkan Warga Usai Penyerangan KKBKonferensi pers penemuan senpi dan amunisi di Kampung Medusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Minggu (8/10/2023). (IDN Times/Istimewa)

Kepada masyarakat Distrik Serambakon, Wakapolres Pegunungan Bintang mengajak mereka kembali ke rumah masing-masing, dan melanjutkan aktivitas seperti biasa. TNI/Polri siap membantu menjaga keamanan.

"Saya atas nama TNI-Polri, sekali lagi memohon maaf kepada seluruh masyarakat apabila ada tindakan, perbuatan dan kata-kata yang tidak berkenan yang intinya kami hadir guna menciptakan situasi keamanan tetap Kondusif khususnya di Kabupaten Pegunungan Bintang," ujarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya