Penjaga Kios Ditembak di Puncak Papua Tengah, Diduga Ulah KKB

Pelaku melarikan diri saat dikejar aparat

Papua, IDN Times – Peristiwa penembakan yang diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (1/9/2023).

Informasi yang dihimpun IDN Times, seorang penjaga kios atas nama Antonius Padang (33) menjadi korban dalam peristiwa penembakan tersebut.

1. Polda Papua membenarkan adanya penembakan tersebut

Penjaga Kios Ditembak di Puncak Papua Tengah, Diduga Ulah KKBKabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo (Dok.Humas Polda Papua)

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulisnya membenarkan adanya peristiwa penembakan tersebut. 

Benny menyampaikan bahwa peristiwa penembakan itu terjadi sekitar pukul 18.38 WIT, ketika korban sedang menutup kios miliknya. 

"Penembakan ini diduga menggunakan senjata api rakitan dan terjadi sekitar pukul 18.38 WIT. Pelaku tiba-tiba muncul dari semak-semak dan menembak korban hingga mengenai bagian lutut kanannya," ujar Benny.

Baca Juga: Polisi Temukan Jasad Aktivis Papua Michelle Kurisi yang Dibunuh KKB

2. Pelaku berhasil melarikan diri

Penjaga Kios Ditembak di Puncak Papua Tengah, Diduga Ulah KKBAntonius Padang, korban penembakan di Puncak, dilarikan ke RSUD Ilaga, Kampung Kago, untuk mendapatkan perawatan medis. (IDN Times/Istimewa)

Disampaikan lebih lanjut bahwa pada saat peristiwa itu terjadi, aparat gabungan dari TNI-Polri langsung merespons dengan bergerak menuju ke sumber suara tembakan. Namun, ketika aparat tiba di tempat kejadian, pelaku sudah melarikan diri. 

“Setelah dilakukan penyisiran, anggota dengan cepat mengevakuasi Antonius Padang ke RSUD Ilaga, Kampung Kago, untuk mendapatkan perawatan medis,” tuturnya.

"Kami sangat prihatin dengan insiden penembakan ini. Ini adalah tindakan kriminal yang sangat serius, dan kami akan melakukan penyelidikan mendalam untuk menemukan pelaku dan membawa mereka ke pengadilan sesuai dengan hukum yang berlaku," imbuhnya. 

3. Korban masih dalam keadaan sadar

Penjaga Kios Ditembak di Puncak Papua Tengah, Diduga Ulah KKBKapolres Puncak, Kompol I Nyoman PUNIA, IDN Times/ Ricky Lodar

Sementara Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, menyampaikan bahwa korban hingga saat ini masih dalam keadaan sadar, meskipun proyektil tembakan masih bersarang di kaki korban. 

“Pada saat ini, telah dilakukan operasi pengangkatan proyektil yang tertanam di lutut korban. Direncanakan Antonius Padang akan dievakuasi ke RS Mitra Masyarakat, Kabupaten Mimika, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” terang Kapolres.

Kapolres juga menegaskan komitmen kepolisian untuk mengejar pelaku dan memastikan bahwa mereka akan dihadapkan pada proses hukum yang sesuai. 

"Kami tidak akan tinggal diam dalam menghadapi tindakan kejahatan seperti ini. Kami akan mengejar pelaku guna memproses hukum dengan undang-undang yang berlaku," katanya.

Selain itu, Kapolres juga mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah setelah pukul 17.00 WIT, terutama pada malam hari, sebagai langkah pencegahan tindakan kriminal di daerah tersebut.

Baca Juga: KKB Bunuh Michelle Kurisi, Kodam Cendrawasih Pastikan Bukan Intel TNI 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya