Sambut Idul Adha, Pemkab Mimika Sumbang 32 Ekor Sapi Kurban

Diberikan kepada 20 masjid, 6 ormas Islam, dan 6 himpunan

Timika, IDN Times – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyumbang sebanyak 32 ekor sapi kurban, Senin (26/6/2023).

Puluhan ekor sapi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, di pelataran Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika, Papua Tengah.

Baca Juga: Muhammadiyah Siapkan 1.488 Titik Salat Idul Adha di Jatim

1. Sapi kurban diberikan kepada sejumlah masjid dan ormas

Sambut Idul Adha, Pemkab Mimika Sumbang 32 Ekor Sapi KurbanPenjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito. (IDN Times/Endy Langobelen)

Pj Bupati Mimika melalui sambutannya menjelaskan, 32 ekor sapi kurban tersebut diberikan kepada sejumlah masjid dan organisasi masyarakat (ormas).

"32 ekor ini, 20 ekor untuk masjid, 6 ekor untuk ormas Islam, dan 6 ekor untuk himpunan," ujar Valent, sapaan akrabnya.

Rinciannya, masjid Al Ikhlas (SP5), masjid Baiturrahman (SP2), Masjid Al Furqon, Masjid Kokonao, Masjid Hidayatullah (KM9), Masjid Al Ma'rifat, Masjid Ibnu Qayyim, Masjid At Taubah (SP7), dan Masjid Babussalam.

Kemudian, Masjid Al Amin (Polres), Masjid Al Askar (Kodim), Masjid Alif Adyaksa (Kejaksaan), Masjid Pengadilan, Masjid An-Nur (Lanal), Masjid Nursawawat (Lanud), Masjid An Nur (Brimob), Masjid Mayon, Masjid Denkav, Masjid Al Hidayah (Brigif, dan Masjid Ar Rahman (Lapas).

Sementara untuk ormas Islam dan himpunan yakni MUI, BMKT, Dewan Masjid Indonesia Pengurus Besar NU, Muhammadiyah, Baznas, Kerukunan Sulawesi Selatan, Keluarga Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu, Ikatan Keluarga Lombok Timika, Kerukunan Flobamora, Kerukunan Fakfak, dan Kerukunan Kei.

Baca Juga: Ratusan Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Sleman

2. Sapi-sapi tersebut dipastikan sehat

Sambut Idul Adha, Pemkab Mimika Sumbang 32 Ekor Sapi KurbanBeberapa ekor sapi kurban yang disiapkan Pemda Mimika untuk hari raya Idul Adha 1444 H. (IDN Times/Endy Langobelen)

Lebih lanjut, Valent menyampaikan, puluhan sapi kurban tersebut telah dilakukan pemeriksaan secara fisik dan laboratorium. Hasilnya, semua sapi dinyatakan sehat.

"Nantinya, sesudah salat Idul Adha pun akan dilakukan pemeriksaan daging dari sapi yang sudah dipotong oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jadi, ini betul-betul dijaga kesehatannya," jelas dia.

"Sebelum diberikan itu betul-betul sudah dipastikan sapi-sapi itu sehat, begitu dipotong, diberikan pun dagingnya harus dipastikan bahwa daging itu sehat," imbuhnya.

Baca Juga: Idul Adha 2023, Puluhan Ribu Penumpang akan Penuhi Bandara Radin Inten

3. Diharapkan hubungan pemerintah dan masyarakat tetap terjalin baik

Sambut Idul Adha, Pemkab Mimika Sumbang 32 Ekor Sapi KurbanFoto bersama Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, dengan jajaran dan sejumlah Ormas. (IDN Times/Endy Langobelen)

Dengan diserahkannya sapi kurban ini, Valent berharap hubungan yang terjalin antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Mimika dapat terus terjaga dengan baik.

"Kiranya hewan-hewan kurban ini nantinya diberikan secara merata dan tepat pada sasaran bagi umat muslim di Kabupaten Mimika," tuturnya.

"Untuk itu, kita semua dapat mengambil hikmah atau makna dari pada peringatan Hari Raya Idul Adha atau kurban. Semoga kita semua dapat senantiasa menjadi hamba yang bertakwa, taat, dan ikhlas," pungkas Valent.

Baca Juga: Asyik! Naik Kereta Api Momen Idul Adha 2023 Boleh Tidak Pakai Masker

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya