Satgas Damai Cartenz Bantah Serang KKB yang Sandera Pilot Susi Air

Informasi tersebut dikabarkan media asing asal Selandia Baru

Timika, IDN Times - Satgas Damai Cartenz membantah pemberitaan yang mengabarkan TNI-Polri menyerang kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, yang menyandera pilot Susi Air, Kapten Philip Martens.

Bantahan itu disampaikan Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Donny Charles Go, melalui siaran pers tertulis yang diterima IDN Times, Senin (3/4/2023).

Dalam siaran pers tersebut, Kombes Donny membantah informasi TNI-Polri melakukan penyerangan adalah tidak benar.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Tembak Mati Pimpinan KKB Ndeotadi Toni Tabuni 

1. Informasi penyerangan itu dikabarkan media asing Selandia Baru

Satgas Damai Cartenz Bantah Serang KKB yang Sandera Pilot Susi AirIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kombes Donny menyebutkan, kabar tidak benar itu dimuat melalui media asing asal Selandia Baru, yakni Media Radio New Zealand.

Media asing tersebut diketahui mengabarkan TNI-Polri telah melakukan penyerangan ke KKB pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Pegunungan pada pukul 01.00 waktu setempat. 

Lantas serangan itu pun menyulut serangan balik dari grup separatis Papua tersebut dan menimbulkan korban jiwa yang dikonfirmasi oleh kedua belah pihak.

"Info tentang penyergapan ke kelompok KKB tersebut tidak benar adanya," tegas Kombes Donny menyanggah pemberitaan media Selandia Baru.

Dia juga mengungkapkan sebelumnya ada pemberitaan yang menginformasikan tentang penyergapan personel TNI-Polri ke kelompok KKB, tetapi peristiwa tersebut di tempat dan waktu berbeda. 

"Dan itu tidak ada kaitan dengan pencarian Pilot Susi air di Kabupaten Nduga. Nyatanya, kelompok KKB membunuh tukang ojek yang berlokasi di Distrik Kimak, Kabupaten Puncak pada 22 Maret 2023, sedangkan penembakan dua personel TNI-Polri terjadi di Distrik Ilu Kabupaten Puncak Jaya pada 25 Maret 2023," jelas Kombes Donny.

2. Satgas Damai Cartenz masih telusuri lokasi pilot Susi Air

Satgas Damai Cartenz Bantah Serang KKB yang Sandera Pilot Susi AirKKB pimpinan Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air, Kapten Kapten Philip Mark Merthens. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Kombes Donny, menuturkan pihaknya masih terus berupaya membebaskan Pilot Susi Air, Kapten Philip Martens, dari penyanderaan KKB.

Donny mengungkapkan saat ini TNI-Polri masih melakukan penelusuran terhadap lokasi keberadaan pilot Susi Air tersebut.

"Kita TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz masih melakukan upaya pencarian pilot Susi Air," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi soal Pembebasan Pilot Susi Air: Harus Hati-hati

3. Satgas Damai Cartenz juga dalami indikasi KKB lain bantu aksi kelompok Egianus Kogoya

Satgas Damai Cartenz Bantah Serang KKB yang Sandera Pilot Susi AirIDN Times/Endy Langobelen

Sebelumnya, Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol. Faisal Ramadhani, mengatakan pihaknya pun tengah mendalami apakah ada kelompok-kelompok lain di luar Nduga yang masuk untuk membantu kelompok Egianus Kogoya.

"Ya kita sedang dalami kalau soal itu, sedang didalami," kata Kombes Pol. Faisal di Timika, Papua Tengah, Senin (27/3/2023) lalu.

Dia juga menampik perihal adanya aksi-aksi penembakan di wilayah lain yang dinilai merupakan upaya untuk memecah konsentrasi operasi penyelamatan Kapten Philip Mark Merthens. 

Menurut Faisal, masing-masing KKB di Papua selalu bergerak sendiri-sendiri dan bukan satu kesatuan sehingga aksi-aksi di wilayah lain tidak ada kaitannya dengan penyanderaan pilot.

"Sampai sekarang kita yakini bahwa kelompok kriminal bersenjata yang ada di Papua ini bukan merupakan satu kesatuan," tutupnya. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya