Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet Jokowi

PDIP memiliki menteri terbanyak di kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times - Hubungan antara PDIP dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo semakin merenggang. Jokowi juga dinyatakan sudah tidak lagi sebagai kader partai kepala banteng moncong putih itu.

Bahkan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menantang PDIP menarik menterinya yang masih menjabat di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, yang akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

PDIP tercatat sebagai partai politik dengan jumlah menteri terbanyak di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Menteri asal PDIP di Kabinet jilid dua Jokowi ini berjumlah lima orang, yakni Menteri Hukum dan HAM (Menhukam) Yasonna Laoly, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas, serta Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Akankah menteri-menteri dari PDIP tetap terbanyak dan lanjut pada kabinet pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau tidak sama sekali? Berikut profil singkat lima menteri asal PDIP yang masih duduk di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.  

Baca Juga: TKN Tantang PDIP Tarik Menterinya di Kabinet Jokowi

1. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly

Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet JokowiMenkumham Yasonna Laoly (kemenkumham.go.id)

Politikus senior PDIP Yasonna H Laoly sudah menjadi orang kepercayaan Jokowi sebagai Menkumham sejak pemerintahan jilid pertama Kabinet Kerja Jokowi 2014-2019.  

Lulusan Virginia Commonwealth University dan North Carolina University ini memasuki dunia politik sebagai kader PDIP yang memiliki latar belakang aktivis organisasi, akademisi, intelektual, dan pimpinan di perguruan tinggi. 

Yasonna dikenal sebagai individu yang memiliki pandangan progresif dan inklusif dalam berbagai isu, terutama hukum, hak asasi, dan keadilan sosial. Hal ini terbukti saat kuliah, ia sempat menyatukan mahasiswa Nias yang terpecah di berbagai kelompok menjadi satu dalam Kesatuan Mahasiswa Nias (KMN). 

Pengalaman Yasonna dalam berorganisasi menjadi bekalnya untuk terjun ke politik, dan ia berhasil maju terpilih sebagai anggota DPR 2004-2009 mewakili PDIP dari wilayah Sumatra Utara I. Yasonna lalu tergabung di Komisi II dan Badan Anggaran DPR.

Hingga pada 2014, ia ditunjuk sebagai Menkumham di Kabinet Kerja 2014-2019, dan kembali ditunjuk Jokowi dengan jabatan yang sama pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

2. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet JokowiMensos Tri Rismaharini atau Risma dalam rapat di DPR, Selasa (19/4/2024) (Dok. Kemensosdok Kemensos)

Tri Rismaharini atau Risma menjadi Menteri Sosial (Mensos) sejak 23 Desember 2020. Mantan Wali Kota Surabaya dua periode itu menggantikan posisi Juliari Batubara, kader PDIP yang terjerat kasus korupsi dana bansos COVID-19. 

Sebelum menjadi Menteri Sosial, Risma dikenal dan dianggap piawai dalam memimpin serta menata Kota Surabaya menjadi kawasan kota metropolitan yang lebih rapi.

Beragam prestasi diraih Risma saat itu, seperti lokalisasi gang Dolly, penghargaan Adipura kota metropolitan berturut-turut pada 2011-2014, dan memugar Taman Bungkul dengan konsep all-in-one entertainment park. 

3. Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet JokowiKunjungan Kerja Menteri PPPA Bintang Puspayoga pada Acara Monitoring dan Evaluasi Praktik Baik Pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (dok. KemenPPPA)

I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau yang akrab disapa Bintang Puspayoga adalah perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968. Kader PDIP itu dilantik menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada 2019. 

Eks Puteri Indonesia 1992 perwakilan Bali ini merupakan istri Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Kabinet Kerja Jokowi jilid pertama.

Selain menjabat sebagai Menteri PPPA, Bintang juga aktif dan menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha di Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas). Ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK, dan Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Pada Mei 2019, Bintang juga berhasil menjadi satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar. Ia dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar.

Tak hanya aktif di pemerintahan, Bintang yang juga hobi di bidang olahraga tenis meja, membawanya pada berbagai pertandingan dan posisi jabatan sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali pada 2015-2019.

4. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas

Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet JokowiMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas (dok. Sekretariat Presiden)

Abdullah Azwar Anas menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi jilid kedua sejak September 2022. Ia dipercaya menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). 

Mantan Bupati Banyuwangi dua periode sejak 2010 itu dikenal memiliki segudang prestasi yang dianggap sukses mengubah wajah pariwisata Banyuwangi melalui sejumlah event.

Beberapa event tersebut seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival. Di bawah kepemimpinannya saat itu, Banyuwangi dinobatkan sebagai kabupaten terinovatif di Indonesia selama tiga kali berturut-turut.

Baca Juga: Wansus TKN: PDIP Mending Oposisi dari pada Menggunting Dalam Lipatan

5. Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Daftar dan Profil Menteri dari PDIP yang Masih Duduk di Kabinet JokowiPramono Anung, Sekretaris Kabinet Indonesia Maju, (setkab.go.id)

Politikus senior PDIP Pramono Anung menjabat Sekretaris Kabinet sejak masa pemerintahan jilid pertama Kabinet Kerja Jokowi hingga sekarang. Kader PDIP asal Kediri ini sudah mendampingi Jokowi hampir sepuluh tahun lamanya.

Kiprah Pramono di PDIP mulai dikenal setelah ia menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) 2005-2010. Pramono pernah dipercaya memenangkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto pada Pilpres 2009.

Bergelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjajaran, Pramono juga berhasil menduduki posisi Wakil Ketua DPR 2009-2014 saat PDIP menjadi partai politik oposisi selama masa pemerintahan Presiden SBY. Hingga akhirnya ia melanjutkan karier politiknya bersama Presiden Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya