Comscore Tracker

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90an

Masih ada yang merasakan apa itu Cawu & EBTANAS?

Jika sekarang kamu sudah familiar dengan istilah UN, semester, UNBK dan lainnya, maka dulu ada istilah sejenis yang maknanya serupa namun berubah istilah. Kebanyakan berupa singkatan, istilah-istilah tersebut sangat populer di kalangan pelajar di era 90an.

Bagi kamu generasi millennials yang belum mengenal istilah-istilah pendidikan era 90an, maka wajib baca uraian singkat berikut ini.

1. Cawu

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/ken19991210

Jauh sebelum istilah ‘semester’ digunakan, pelajar era 90an sudah terbiasa dengan singkatan istilah ‘cawu’ alias catur wulan. Istilah ‘semester’ merupakan sistem pembelajaran dengan evaluasi belajar selama 6 bulan atau dua kali setahun. Sementara ‘cawu’ sendiri pembagian sistem evaluasi belajar yang dalam satu tahun dibagi menjadi 3 bagian atau sebanyak 4 bulan satu kali evaluasi.

2. THB

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/tjevans

Jika sekarang akan ada ujian semester tiap 6 bulan sekali (diluar ujian tambahan lain), maka dulu ada ujian setiap 4 bulan sekali dalam sistem catur wulan. Dulu, istilah ‘ujian’ pun masih disebut sebagai ‘ulangan’ atau ‘THB’ (Tes Hasil Belajar). Saat mengikuti THB, pelajar 90an sangat antusias mengerjakan karena sudah belajar jauh-jauh hari meski dengan fasilitas sederhana.

3. PSPB

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/DariuszSankowski

Dulu, di samping ada pelajaran IPS sejarah, ada pula pelajaran sejarah lainnya yang disebut dengan PSPB. PSPB yang merupakan singkatan dari Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa mempelajari tentang sejarah-sejarah masa lalu yang berkaitan dengan perjuangan bangsa. Jika IPS sejarah mempelajari sejarah umum, maka PSPB hanya mempelajari sejarah bangsa.

Baca Juga: Sering Hilang di Kelas, Ini 6 Alat Belajar Murid SD Zaman Dulu

4. EBTA Praktek

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/geralt

EBTA atau Evaluasi Belajar Tahap Akhir merupakan akhir dari rangkaian belajar selama mengikuti pendidikan di sekolah dengan berbagai tes yang harus dilalui agar ‘lulus’. Salah satunya adalah EBTA Praktek, tes akhir sebelum tes tulis utama ini dilakukan dengan mempraktekkan beberapa pelajaran yang pernah dipelajari di sekolah. Bisa tes olahraga, tes menggambar, tes praktik sholat, dan tes-tes praktik lainnya.

5. EBTANAS

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/F1Digitals

Nah, pelajar era 90an biasanya menganggap EBTANAS seperti tes CPNS yang kesemuanya harus dipersiapkan dengan matang. EBTANAS yang merupakan singkatan dari Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional dilakukan serentak di berbagai sekolah di Tanah Air. Jika sekarang kamu mengenalnya sebagai UN atau UNBK, maka EBTANAS sudah sangat populer bagi pelajar generasi 90an.

6. NEM

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anPixabay.com/geralt

Pasca mengikuti EBTANAS, maka para pelajar era 90an biasanya akan menerima hasil evaluasi belajar dalam bentuk ijazah dan NEM. Nilai ijazah merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai selama proses belajar-mengajar dan ujian, maka NEM berbeda lagi. NEM (Nilai Ebtanas Murni) merupakan nilai ujian murni tanpa tambahan nilai-nilai lain.

NEM biasanya menjadi patokan sekolah selanjutnya sebagai syarat utama dengan nilai minimal yang sudah ditentukan. Karena nilai murni, jangan heran kalau nilai-nilainya ada yang nol koma sekian, satu koma sekian, dua koma sekian, meski ada juga yang menyentuh sembilan koma sekian.

7. PMP

7 Singkatan & Istilah Sekolah Ini Populer di Kalangan Murid Era 90anBukalapak.com

Akan dihadirkan kembali dalam sistem pendidikan sekarang ini, PMP dulu sempat populer di kalangan pelajar 90an sebelum diganti dengan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). PMP yang merupakan singkatan dari Pendidikan Moral Pancasila mempelajari tentang bagaimana sikap moral (dan sikap positif lain) seorang warga negara terhadap pengamalan Pancasila sebagai dasar negaranya.

Kira-kira, mana nih istilah-istilah jadul di atas yang masih relevan dengan sistem pendidikan kita dewasa ini?

Baca Juga: Manisnya 7 Cokelat Jadul Ini, Bikin Kamu Kangen Zaman SD!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Ernia Karina

Just For You