Ancam Terus Demo DPR, Mahasiswa: Ini Akumulasi Kekecewaan

Mahasiswa mengancam akan gelar aksi lebih besar di depan DPR

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bergabung dengan beberapa civitas perguruan tinggi lainnya dalam aksi damai demonstrasi menolak Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (19/9).

Kepala Departemen Kajian Strategis BEM UI, Elang ML menyebut, aksinya ini bukan yang pertama kali digelar. Menurut dia, aksi ini adalah bentuk akumulasi dari mahasiswa UI yang yang sebelumnya sudah melakukan aksi.

"Ini akumulasi dari aksi kemarin. Kami kecewa dengan RUU KUHP yang mengancam kami masyarakat, mahasiswa, juga media, aktivis, buruh," kata Elang kepada IDN Times.

Elang juga menyebut Senin sudah melakukan aksi bersama mahasiswa UI lainnya di tempat yang sama yakni, Gedung DPR. 

"Minggu lalu kami ke KPK untuk meminta KPK tak dilemahkan saat pemilihan capim KPK, kita juga membentangkan poster ”SOS” di balkon Komisi III DPR saat uji kelayakan," ujarnya.

Mahasiswa UI pun bakal terus mengawal sampai legislatif merealisasikan tuntutan mahasiswa. Bahkan, jika hasilnya deadlock, mahasiswa UI tersebut bakal berjanji untuk melakukan aksi yang lebih besar nantinya.

Baca Juga: Ini Jawaban DPR RI Saat Audiensi Bersama Mahasiswa Pengunjuk Rasa

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya