Gustika Singgung Kesejahteraan Pekerja Industri Kreatif di Era Jokowi

Pekerja harus diberi kejelasan terkait upah

Jakarta, IDN Times - Dewan Pembina Youth of Indonesia, Gustika Jusuf Hatta, singgung permasalahan yang selalu menimpa pekerja industri kreatif yang didominasi anak muda saat mengisi acara Live Streaming Pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 di IDN Media HQ, Jakarta Selatan, Minggu (20/10).

Cucu dari Bung Hatta ini mengungkapkan bahwa Jokowi harus lebih memperhatikan kesejahteraan anak muda yang bekerja di industri tersebut. Menurut dia, tak cuma masalah fasilitas saja, para pekerja juga harus diberi kejelasan waktu kerja dan upah lembur yang diterima.

"Biasanya orang kerja di dunia kreatif harus bekerja setiap weekend dan itu jam lemburnya harus jelas, kesehatan juga harus diperhatikan. Jam kerja pengaturannya bisa jelas seperti di Belanda satu hari itu harus sekian jam, dari situ utamanya," kata Gustika.

Gustika sejauh ini masih sering menemukan kasus di mana anak muda masih banyak yang masuk rumah sakit setiap bulan akibat dari kelebihan beban kerja atau mengejar deadline. Itu sebetulnya yang paling penting diperhatikan oleh pemerintah dari kacamata Gustika.

"Sebetulnya, manusia yang harus dijaga bukan industrinya. Tanpa manusia, industri tak akan berjalan," tegas perempuan yang pernah menimba ilmu di King's College London, Inggris.

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden sendiri akan dilaksanakan pada Minggu (20/10), pukul 14.00 WIB di Gedung MPR RI. Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf berhasil memenangkan suara 85.607.362 atau 55,50 persen. Berdasarkan perolehan suara tersebut, akhirnya Jokowi-Ma'ruf pun terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Baca Juga: Cucu Bung Hatta Puji Program Jokowi soal Beasiswa LPDP

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya