Comscore Tracker

Mengenang Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Rajin Beribadah

Pesawat Sriwijaya Air membawa 62 penumpang

Jakarta, IND Times - Kapten pilot Afwan menjadi salah satu korban tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 di Perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Namanya tercantum dalam manifest Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan CGK20210109SJ182.

Kediaman Afwan di Komplek Bumi Cibinong Endah, Kelurahan Suka Hati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pun langsung ramai didatangi kerabat dan tetangga usai informasi itu menyebar.

"Katanya pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak hilang, terus pilotnya Pak Afwan," kata Ketua RT setempat Agus dalam Breaking News TVOne, Sabtu, 9 Januari 2020.

1. Kapten Afwan dikenal sebagai sosok yang alim

Mengenang Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Rajin BeribadahGrafis jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor kode SJY 182. (IDN Times/Arief Rahmat).

Menukil laman ANTARA, Agus mengenang sosok Afwan sebagai orang yang alim. Menurut dia, sosok mantan pilot Adam Air itu begitu taat beribadah dan aktif di masjid.

Agus bahkan mengatakan, Kapten Afwan sempat jadi bendahara di masjid. Dia bersaksi, pria yang memiliki tiga orang puteri itu juga kerap memberikan tausiah ketika ada acara keagamaan di lingkungan tempat tinggalnya.

"Beliau sering mengisi tausiah di arisan RT, ataupun kalau ada kegiatan-kegiatan di lingkungan perumahan sini," ujar Agus.

Baca Juga: [BREAKING] Sosok Afwan, Kapten Pilot Sriwijaya Air yang Jatuh di Pulau Lancang 

2. Eks pramugari Adam Air ungkap sosok Kapten Afwan

Mengenang Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Rajin BeribadahCatatan penerbangan Sriwijaya Air SJ182 (Website/flightradar24.com)

Sementara, kolega Kapten Afwan di Adam Air, yakni Head of IDN Pictures yang juga mantan pramugari Adam Air Susanti menyebut, bekas rekan kerjanya adalah orang yang sangat baik. Dia menilai jika Afwan selalu mendahulukan kru kabin untuk diantar pulang terlebih dahulu, sebelum kru kokpit.

"Jadi biasanya jemputan itu akan digabungkan 1-2 orang yang 1 rute. Nah karena ruteku dengan beliau searah, jadi beberapa kali kami satu jemputan. Beberapa kali Kapten Afwan menawarkan untuk aku diantarkan pulang terlebih dahulu, beliau tidak keberatan. Ya small things seperti itu, namun sangat berkesan untukku," kata Santi mengenang.

3. Menteri Perhubungan ungkap Sriwijaya Air SJY 182 angkut 62 penumpang

Mengenang Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Rajin BeribadahKementerian Perhubungan bersama stakeholder terkait menyampaikan kronologis sementara peristiwa hilang kontak pesawat Sriwijaya Air SJY 182 Rute Jakarta-Pontianak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1/2021) (Dok. KNKT)

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak sebelumnya diinformasikan hilang kontak pukul 14.36 WIB. Diketahui, jenis pesawat yang hilang kontak tersebut adalah Boeing 737-500.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada 62 orang yang diangkut dalam pesawat tersebut. Sebanyak 12 di antaranya adalah kru pesawat.

"Terdiri dari (penumpang) 40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi," ujar Budi.

 

Adapun bagi keluarga korban yang ingin mencari tahu lebih lanjut terkait kondisi terkini dapat menghubungi hotline Sriwijaya Air di 021-80637817 atau di Posko yang berada di Terminal D kedatangan Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap 59 Penumpang Pesawat Sriwijaya Air

Topic:

Berita Terkini Lainnya