Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat Keempat

Panelis dan moderator dilarang bocorkan soal

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka menjaga komitmen dan integritas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar penandatanganan pakta integritas. Kegiatan yang digelar di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Rabu (27/3), diikuti sembilan panelis dan dua moderator.

Berdasarkan pantauan IDN Times, kesembilan panelis hadir dalam kegiatan ini, antara lain Valina SingkaI Basis Eko Soesilo, Kusnanto Anggoro, Zakiyuddin, Subekti, Dadang Tri Sasongko, Erwan Agus Purwanto, Al Araf, Apolo Safanpo, dan J Haryatmoko.

1. KPU mengimbau moderator dan panelis taat terhadap pakta integritas

Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat KeempatIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Tak ketinggalan, dua moderator yang akan memimpin jalannya debat keempat nanti, yakni Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi juga menghadiri acara penandatanganan pakta integritas tersebut.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengimbau kepada seluruh pihak yang terlibat dalam debat keempat, baik itu panelis ataupun moderator, agar menaati semua ketentuan dalam fakta integritas.

"Beberapa poin yang disebutkan dalam fakta integritas, kami berharap semuanya dapat dipatuhi oleh seluruh panelis dan juga moderator," kata Arief.

Baca Juga: Belum Ada Program Memikat, Debat Ketiga Dinilai Tambah Pemilih Ragu

2. Panelis dan moderator dilarang membocorkan kisi-kisi atau isi soal

Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat KeempatIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Salah satu aturan yang tidak boleh dilanggar, kata Arief, seperti yang menjadi pertanyaan khalayak, yakni dilarang membocorkan kisi-kisi atau isi pertanyaan untuk peserta debat, atau kedua pasangan calon presiden.

Pria asal Surabaya tersebut juga berharap, rumusan pertanyaan yang disusun panelis dapat dijawab ketika debat berlangsung nanti. Sehingga, setiap paslon dapat mendengungkan visi-misi yang tepat sesuai tema debat kali ini.

3. Debat kali ini akan diikuti kedua capres

Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat KeempatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Debat keempat rencananya akan digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/3). Adapun debat kali ini akan diikuti capres dari paslon nomor urut 01 dan 02, yakni Joko "Jokowi" Widodo dan Prabowo Subianto.

Sedangkan, tema kali ini mengangkat soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat capres ini rencananya akan disiarkan secara langsung di Metro TV, Indosiar, dan SCTV.

Baca Juga: Capres Diharapkan Menyoroti Keamanan Siber Saat Debat Pilpres

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya