Alasan Polisi Sulit Tangkap Pelaku Pencuri Baut Jembatan di Bekasi

Jembatan Cipendawa sudah dapat dilalui lagi

Bekasi, IDN Times - Polres Metro Bekasi Kota masih berupaya menangkap pelaku pencurian baut di Jembatan Jalan Baru Cipendawa yang berlokasi di Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Muhammad Firdaus menjelaskan, saat ini pihaknya masih berupaya untuk mengungkap kasus pencurian baut tersebut. 

"Terkait dengan kasus pencurian baut, ini sudah menjadi atensi pimpinan dalam hal ini Bapak Kapolres untuk kami Satreskrim melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap pelakunya," kata Firdaus kepada wartawan, Jumat (23/2/2024). 

Baca Juga: Baut Dicuri, Jembatan Cipendawa Bekasi Ambles Sedalam 10 Sentimeter

1. Kesulitan mencari saksi

Alasan Polisi Sulit Tangkap Pelaku Pencuri Baut Jembatan di BekasiKasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Muhammad Firdaus. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan mengungkapkan, pihaknya kesulitan mencari saksi-saksi yang mengetahui sosok pelaku yang mencuri baut tersebut. 

"Baik saksi-saksi yang dekat dengan jembatan dan sekitarnya, itu belum ada yang mengetahui dan melihat siapa pelakunya yang mengambil baut dari jembatan tersebut," katanya. 

Meski saksi-saksi tidak ada yang mengetahui sosok pelaku, pihaknya masih berupaya mendatangi tempat jual beli barang bekas yang ada di sekitar Kota Bekasi. Menurutnya, pelaku setelah berhasil mencuri akan menjual baut tersebut ke tempat jual beli barang bekas. 

"Kami akan terus melakukan penyelidikan dengan juga memgecek lokasi-lokasi atau tempat jual beli barang bekas atau butut. Karena, diduga barang-barang hasil curian dari baut dan besi jembatan tersebut dijual ke butut-butut yang ada di Kota Bekasi," jelasnya. 

2. Baut jembatan lain juga ikut hilang

Alasan Polisi Sulit Tangkap Pelaku Pencuri Baut Jembatan di BekasiJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Menurutnya, terdapat baut jembatan lainnya yang juga ikut hilang diduga dicuri. Jambatan tersebut berada di Jalan Kalimalang yang kehilangan sebanyak empat baut. 

Saat ini, polisi masih berupaya menangkap pelaku pencurian baut di dua jembatan tersebut. 

"Dari kejadian di Jembatan Cipendawa tersebut kami lakukan survei ke beberapa jembatan lainnya, itu ada juga baut-baut yang lepas, terutama jembatan yang di Kalimalang. Itu juga kami cek ternyata ada empat baut yang hilang," katanya. 

3. Jembatan sudah kembali berfungsi

Alasan Polisi Sulit Tangkap Pelaku Pencuri Baut Jembatan di BekasiJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto mengatakan, jembatan yang sempat amblas sedalam 10 centimeter dan tidak dapat dilalui kendaraan, kini sudah normal kembali. 

"Sudah dibuka dari Senin (19/2/2024) kemarin. Sudah selesai perbaikannya. Sudah kita aspal juga," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (23/2/2024). 

4. Amblas sudah sering terjadi

Alasan Polisi Sulit Tangkap Pelaku Pencuri Baut Jembatan di BekasiJembatan Cipendawa Bekasi ambles. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, Idi menceritakan, amblesnya Jembatan Cipendawa itu sudah sering terjadi. Pihaknya juga telah berulang kali memperbaiki jalan itu. 

"Awal laporan ketahuan dari teman-teman URC (Unit Reaksi Cepat), kita setiap ada lubang di titik tersebut dibenerin (terus) turun lagi dibenerin, turun lagi abis itu kita cek ke bawah," katanya kepada wartawan, Jumat (26/1/2024). 

Setelah diselidiki, lanjut Idi, pihaknya menemukan beberapa baut hilang diduga dicuri oleh masyarakat. 

"Ternyata benar ada beberapa baut yang sudah hilang dicuri orang tak bertanggung jawab, sehingga menyebabkan turun (jembatan)," jelasnya. 

Akibatnya, jalan yang berada di atas jembatan mengalami ambles sedalam 5 hingga 10 centimeter. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya