Geger Temuan Granat Asap di Kontrakan Bekasi, TNI Turun Tangan

Kontrakan disewa oleh Purnawirawan TNI AU

Bekasi, IDN Times - Seorang wanita bernama Umroh (60 tahun) kaget saat tengah membersihkan rumah kontrakannya, di Jalan Kemang Sari 2, Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Sebeb, Umroh menemukan granat asap saat bersih-bersih rumah, pada Senin (26/9/2022) lalu.

Kordinator Lapangan Satpol-PP Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi, Amir menceritakan, selain menemukan granat asap, pemilik kontrakan juga menemukan puluhan peluru senjata api.

"Saat Umroh membereskan kontrakan, melihat benda mencurigakan yang diduga granat asap, kemudian saksi membuka laci lemari, ditemukan berbagai macam jenis peluru tajam," katanya, dikutip Rabu (28/9/2022).

1. Sudah diamankan Gegana

Geger Temuan Granat Asap di Kontrakan Bekasi, TNI Turun TanganLagi bebersih, pemilik kontrakan temukan granat asap. (Istimewa)

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede AKP Tamat mengatakan, seluruh peluru senapan api dan granat asap sudah diamankan Gegana. Namun, dirinya belum memastikan semua temuan tersebut masih aktif atau tidak.

"Yang kita tangani sementara berdasarkan laporan masyarakat atas temuan itu, kemudian kita koordinasi ke Jibom dan Gegana. Kita panggil lalu diamankan pihak Gegana," jelasnya.

Baca Juga: Warga Malang Temukan Granat Saat Mancing, Brimob Langsung Turun 

2. Pemilik merupakan purnawirawan TNI AU

Geger Temuan Granat Asap di Kontrakan Bekasi, TNI Turun TanganLagi bebersih, pemilik kontrakan temukan granat asap. (Istimewa)

Terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, rumah tersebut dikontrak oleh pria yang sejak tahun 2000 sudah menjadi purnawirawan TNI AU. Dia juga menjelaskan, yang bersangkutan sudah meninggal sejak 2021 lalu.

"Rumah tersebut pernah dikontrak oleh purnawirawan TNI AU yang ditempati pembantunya. Di rumah tersebut, yang bersangkutan juga menyimpan barang-barang yang dilakukan sejak tahun 2009 lalu," kata Indan.

3. Masih dalam penanganan TNI AU

Geger Temuan Granat Asap di Kontrakan Bekasi, TNI Turun TanganKepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah (Dok. tni-au.mil.id)

Indan Juga menjelaskan, saat ini pihaknya masih berusaha menelusuri asal keberadaan granat asap dan puluhan peluru senjata api di rumah kontrakan wilayah Pondok Gede, Kota Bekasi.

"Terkait penemuan granat asap dan peluru di rumah tersebut,  saat ini sedang dilakukan penyelidikan asal usulnya oleh TNI AU," jelasnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya