Jumlah Pemudik yang Melintasi Bekasi Sudah Menurun

Puncaknya terjadi pada Jumat malam Sabtu

Bekasi, IDN Times - Penjabat Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad menyebut, pemudik yang melintasi wilayah Kota Bekasi jumlahnya sudah menurun pada Minggu (7/4/2024). Hal itu disampaikan setelah pihaknya bersama Forkopimda melakukan pemantauan di sejumlah posko. 

"Jadi dari hasil monitoring kita, arus mudik sudah lebih landai dan kita pantau puncaknya itu terjadi pada Jumat malam Sabtu. Untuk rata-rata sekarang di Bekasi ini sudah lebih landai untuk arus mudik masyarakat," katanya, Minggu (7/4/2024). 

Baca Juga: H-4 Lebaran, Tol Layang MBZ Dipadati Pemudik

1. Hampir 50 ribu sepeda motor melintasi Bekasi pada H-4 Lebaran

Jumlah Pemudik yang Melintasi Bekasi Sudah MenurunKasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Yugi Bayu Hendarto mencatat, hampir 50 ribu pemudik kendaraan sepeda motor melintasi Kota Bekasi pada H-4 Lebaran atau Sabtu (6/4/2024) kemarin. 

"Untuk kemarin tercatat ada 49.260 kendaraan pemudik roda dua yang melintas di Kota Bekasi. Untuk yang paling ramai itu terjadi pada pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB, dengan total mencapai 8.966 kendaraan roda dua," katanya. 

Selain sepeda motor, sebanyak 37.640 mobil pribadi juga melintasi Kota Bekasi menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

2. Hampir 40 ribu sepeda motor melintas pada H-3 Lebaran

Jumlah Pemudik yang Melintasi Bekasi Sudah MenurunJalur mudik di Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga menambahkan, pada Minggu (7/4/2024) atau H-3 Lebaran, sepeda motor yang melintas Kota Bekasi sudah mendekati 50 ribu. 

"Data sampai sore tadi sudah ada 39.728 sepeda motor yang melintasi Kota Bekasi. Sementara roda empat sudah mencapai 48.850 kendaraan," katanya. 

3. Antisipasi jika terjadi kepadatan

Jumlah Pemudik yang Melintasi Bekasi Sudah MenurunSuasana Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Meskipun sudah terjadi penurunan, pihaknya masih melakukan antisipasi jika terjadi lagi lonjakan arus mudik. Dia menyebut, akan mengutamakan jalannya pemudik saat di persimpangan atau traffic lights

"Kalau kami bukan lampu merahnya (dipercepat), tapi kami bikin manual anggota yang ada di situ kita bikin jalur mudik ini kita utamakan, misalnya yang mau ke arah tongyang kita tarik tiga kali sisi sebelah kanan kirinya cuma sekali," ungkapnya. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya