Posko Mudik Gratis Kemenhub di Bekasi Mulai Didatangi Warga

Tujuan paling baling banyak ke Jawa Tengah

Bekasi, IDN Times - Posko mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berlokasi di Terminal Kayuringin, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi mulai didatangi masyarakat. 

Perlu diketahui, masyarakat yang datang ke posko mudik gratis untuk melakukan validasi yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran secara online.

Masyarakat yang datang nantinya akan diperiksa dan dicocokkan nomor induk kependudukannya (NIK) dengan data yang sudah didaftarkan saat online. Setelah cocok, masyarakat langsung mendapatkan tiket mudik gratis.

1. Pemudik paling banyak ke Jawa Tengah

Posko Mudik Gratis Kemenhub di Bekasi Mulai Didatangi WargaKasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Permana. (IDN Times/Imam Faishal)

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Permana mengatakan sejak Selasa pagi masyarakat sudah berkumpul untuk melakukan validasi.

Dia juga mengatakan, masyarakat Kota Bekasi yang mendapatkan fasilitas mudik gratis paling banyak menuju Jawa Tengah. Nantinya, masyarakat Bekasi akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

"Tujuannya Jawa Tengah dan Jawa Barat, karena itu mungkin dominan pemudik berasal dari sana. Kalo Sumatra hanya sebagian saja," katanya kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Program Mudik Gratis, Kemenhub: Masyarakat Daftar Sekali Saja

2. Daftar awal agar kebagian tiket

Posko Mudik Gratis Kemenhub di Bekasi Mulai Didatangi WargaCalon pemudik Bambang Adi Suritno. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, salah satu calon pemudik Bambang Adi Suritno (41) menceritakan bahwa dia sudah tujuh kali mengikuti program mudik gratis Kemenhub. Dia juga mengatakan, dirinya mendaftar sejak dini karena takut kehabisan tiket.

“Saya sudah tujuh kali ikut mudik gratis bareng Kemenhub. Karena kalau menunggu nanti-nanti takut tidak dapet,” jelas Bambang.

3. Pendaftaran sudah dimulai

Posko Mudik Gratis Kemenhub di Bekasi Mulai Didatangi WargaIlustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, pendaftaran program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan sudah dibuka, Senin (13/3/2023). Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi MitraDarat.

Di tahun 2023 ini, Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis untuk 24.072 ribu orang. Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik dan arus balik, di mana 18.528 orang untuk arus mudik yang diberangkatkan dengan 459 unit bus. Kemudian, 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 unit bus.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan 30 truk yang akan mengangkut sepeda motor pemudik. Nantinya, 15 truk akan dikerahkan untuk arus mudik, dengan kuota 450 sepeda motor, dan 15 truk untuk arus balik dengan kuota 450 sepeda motor.

Baca Juga: Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya