Puluhan Orang Kena Tipu Beli Mobil di Bekasi, Kerugian Capai Rp3 M

Polisi baru menerima laporan dari 45 korban

Intinya Sih...

  • Puluhan orang tertipu setelah membeli mobil bekas taksi di showroom Deka Reset, Bekasi.
  • Korban melakukan pembayaran secara bertahap namun belum mendapatkan mobil yang dipesan hingga Maret 2024.

Bekasi, IDN Times - Puluhan orang diduga tertipu setelah membeli mobil bekas taksi di sebuah showroom bernama Deka Reset yang berlokasi di Jalan Raya Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. 

Salah satu korban asal Bogor, Ridwan (43) mengatakan, pada Oktober 2023, dirinya membeli mobil Chevrolet Lova dengan harga Rp35 juta. Menurut Ridwan, harga tersebut jauh lebih murah dari harga pasaran. 

"Ternyata selisihnya ada sekitar Rp5-10 juta. Jadi kita ngambil di sini. Sama-sama eks taksi (bekas taksi)," katanya kepada jurnalis di Bekasi, Kamis (28/3/2024). 

Baca Juga: Motif Pelaku Campur Pertalite dengan Air di Bekasi Ingin Bayar Hutang

1. Pembayaran secara bertahap

Puluhan Orang Kena Tipu Beli Mobil di Bekasi, Kerugian Capai Rp3 MKorban deka Reset. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan mengatakan, dirinya melakukan pembayaran secara bertahap. Namun, hingga Maret 2024, dia belum mendapatkan mobil yang dipesan. 

"Saya transfer secara bertahap. Pertama Rp10 juta buat DP, terus satu minggu kemudian dia minta transfer lagi Rp4 juta. Terus tiba-tiba minta tambahan lagi, kita transfer lagi Rp11 juta. Nah terakhir dia minta pelunasan, saya transfer lagi Rp10 juta. Itu udah lunas semua," katanya. 

Dia mengatakan, dirinya berani membeli mobil di Deka Reset karena tergiur dengan promo yang ditawarkan. Selain itu, dia melihat sejumlah artis yang juga membeli mobil di showroom tersebut. 

"Pertama, dia ada beberapa promo, pas saya lihat itu bulan oktober 2023. Jadi pas itu ada promo yang cukup menggiurkan juga. Kita percaya karena ada influencer yang ngepromosiin juga kayak Pesulap Merah, Pak Ambarita, Limbad, ngambil disini," katanya. 

Baca Juga: Produsen Susu di Bekasi Merugi akibat Pemalsuan Produk di Marketplace

2. Sudah membuat laporan

Puluhan Orang Kena Tipu Beli Mobil di Bekasi, Kerugian Capai Rp3 MDeka Reset Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Ridwan mengatakan, selain dirinya terdapat 29 orang lain yang menjadi korban penipuan. Mereka pun sudah melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Jatiasih. 

"Terakhir saya datang ke Polsek itu sudah lebih dari 30 orang (korban). Kita ambil jalur hukum, kita juga kan memang sudah laporan juga ke Polsek Jatiasih, kita sudah laporan dan sudah ditanggapi oleh pihak polisi," jelasnya. 

Baca Juga: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Pertalite Dioplos Air di Bekasi

3. Kerugian capai Rp3 miliar

Puluhan Orang Kena Tipu Beli Mobil di Bekasi, Kerugian Capai Rp3 MDeka Reset Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Muhammad Firdaus, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari para korban. 

"Untuk yang terlapor Deka memang sudah dilaporkan. Di Polres sendiri ada 1 LP dan juga di Polsek Jatiasih itu ada 2 LP namun korbannya itu ada 45 orang," katanya, Kamis (28/3/2024). 

Menurutnya, total kerugian yang dialami para korban mencapai Rp3 miliar. Saat ini, pihak kepolisian pun masih melakukan penyelidikan. 

"Perkiraan kerugian seluruh korban lebih kurang Rp3 miliar. Polsek lainnya apakah memang ada korban-korban lainnya atau tidak," jelas Firdaus. 

Baca Juga: Pertalite Tercampur Air di SPBU Bekasi, Pertamina: Diganti Pertamax

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya