Resmi Jadi Wali Kota Bekasi Definitif, Ini Fokus Tri Adhianto

Penanganan banjir dan kesehatan menjadi salah satu fokusnya

Bekasi, IDN Times - Tri Adhianto resmi menjadi Wali Kota Bekasi definitif di sisa masa jabatan priode 2018-2023. Tri dilantik Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (21/8/2023).

Tri Adhianto yang sebelumnya menjadi birokrat, tidak menyangka sudah menjadi Wali Kota Bekasi saat ini. 

"Kan saya (sebelum Wakil Wali Kota Bekasi) jadi birokrasi yah, jadi menjadi pejabat politik aja tidak menjadi impian, mimpi aja enggak, jadi hari merupakan satu anugerah," kata Tri kepada wartawan. 

1. Fokus penanganan banjir

Resmi Jadi Wali Kota Bekasi Definitif, Ini Fokus Tri AdhiantoWali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengecek jalur mudik. (IDN Times/Imam Faishal)

Tri yang hanya menjadi Wali Kota Bekasi selama satu bulan ke depan, berfokus untuk penanganan banjir dan insfrastruktur. 

"Kita akan fokus memperbaiki infrastruktur dan juga penanganan terkait banjir untuk persiapan menghadapi musim penghujan tiba kita optimalkan," katanya. 

Selain itu, dirinya juga akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan sistem pendidikan di Kota Bekasi. "Itu yang jadi PR di Pemkot Bekasi," sambungnya. 

Baca Juga: Viral! Plt Wali Kota Bekasi Lupa Bunyi Pancasila

2. Mengantisipasi tercemarnya Kali Bekasi

Resmi Jadi Wali Kota Bekasi Definitif, Ini Fokus Tri AdhiantoWali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono. (dok. IDN Times/Istimewa)

Dia juga menyebut, pihaknya sedang mencari cara untuk mengantisipasi jika Kali Bekasi yang menjadi bahan baku air bersih tercemar limbah pabrik. 

"Terkait musim kemarau terus kita koordinasikan, terkait dengan menambah aliran air baku pada saat kali Bekasi turun, apabila terjadi limbah sehingga air baku di Bekasi tak bisa dioptimalkan menjadi air olahannya," ungkapnya. 

3. Tri menggantikan Rahmat Effendi

Resmi Jadi Wali Kota Bekasi Definitif, Ini Fokus Tri AdhiantoWali Kota Bekasi sebelumnya, Rahmat Effendi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Perlu diketahui, Tri Adhianto menggantikan wali kota sebelumnya, Rahmat Effendi, yang ditangkap KPK dan ditetapkan sebagai tersangka.Tri pun kemudian menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi.

"Saya pahami Pak Tri sudah melaksanakan tugas seperti halnya Wali Kota Bekasi walaupun dalam jabatan sebagai Plt. Namun ini adalah takdir dan hak dari bapak Dr Tri Adianto untuk tercatat dalam sejarah menjadi Wali Kota Bekasi yang sesungguhnya," kata Ridwan Kamil dalam pelantikan tersebut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lantik Adhianto Tjahyono Jadi Wali Kota Bekasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya