Ridwan Kamil Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Sekolah yang Rusak

Pj Bupati Akui SKPD saling lempar tanggung jawab

Bekasi, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menanggapi gedung SD Negeri Sukadaya 02, Kampung Pengarengan, Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi yang rusak parah. 

Ridwan mengatakan, kerusakan bangunan SD merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. 

"Ya engga boleh rusak, itu tanggung jawab bupatinya, sesuai kewenangannya," katanya kepada wartawan saat ditemui di Bekasi, Sabtu (10/9/2022). 

Baca Juga: Bayi Ditemukan Tergeletak di Samping Warung Bekasi

1. Harus segera diperbaiki bangunan sekolah yang rusak

Ridwan Kamil Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Sekolah yang RusakGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ridwan juga meminta, Dinas Pendidikan, Dinas Cipta Karya, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) harus segera berkordinasi menyelesaikan permasalahan bangunan sekolah yang rusak. 

"Kalo beliaukan (Pj Bupati, Dani Ramdan) baru masuk, jadi kalo isunya di Kabupaten direspon (diperbaiki) karna itu bagian dari kualitas SDM," jelasnya. 

2. SKPD saling lempar tanggung jawab

Ridwan Kamil Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Sekolah yang RusakKondisi bangunan SDN Sukadaya 02. (IDN Times/Imam Faishal)

Terpisah, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengakui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bekasi saling lempar tanggung jawab. 

"Jadi sebenarnya ya disebut lempar (tanggung jawab) karena memang engga ada data basenya juga, sehingga tidak terhindari persoal kayak gitu. Jadi yang saya perbaiki adalah sistemnya."

Agar tidak terjadi saling lempar tanggung jawab, lanjut Dani, dirinya akan merubah sistem yang awalnya hanya dokumen cetak menjadi menjadi digital. 

"Untuk tahun 2023 ini kita berubah sistem, kalau kemarin kan hanya dokumen-dokumen secara manual, jadi banyak perbedaan ternyata. Nanti kita secara digital lagi, jadi nanti perubahan ditengah jalan akan bisa trek, ini siapa yang merubah gitu," katanya.

Baca Juga: Harga BBM Subsidi Naik, Ridwan Kamil Dorong Pertamina Perbaiki Sistem

3. Pemkab targetkan 70 bangunan SD dan SMP selesai direnovasi

Ridwan Kamil Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Sekolah yang RusakKondisi bangunan SDN Sukadaya 02. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelumnya, Dani Ramdan menargetkan pada tahun 2022 sebanyak 70 bangunan SD dan SMP yang rusak dapat direnovasi. 

“Ya, sekitar 70 dan itu harus selesai (tahun 2022). Karena sudah berjalan serta sudah dikerjakan, cuma ada yang selesai pada Bulan September serta paling telat November,” kata Dani dikutip dari situs resmi Pemkab Bekasi, Rabu (24/8/2022) lalu. 

4. Murid SD Negri Sukadaya 02 belajar tanpa meja dan kursi

Ridwan Kamil Minta Pemkab Bekasi Segera Perbaiki Sekolah yang RusakKondisi bangunan SDN Sukadaya 02. (IDN Times/Imam Faishal)

Murid -murid yang mengenyam pendidikan di SD Negeri Sukadaya 02, Kampung Pengarengan, Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat harus duduk di lantai saat mengikuti pelajaran sekolah.

Penyebabnya, kondisi gedung sekolah sudah tidak layak. Pantauan IDN Times di lokasi, Kamis (25/8/2022), gedung sekolah yang kurang lebih memiliki enam ruangan kelas itu terlihat tidak terawat. Bahkan dindingnya ada yang hancur dimakan usia, dan palafon sudah tidak tersusun rapi.

Untuk memisahkan ruangan satu ke ruangan lainnya, bangunan ini hanya menggunakan papan yang sudah bolong termakan rayap. Bahkan, siswa dapat melihat ke ruangan sebelahnya melalui lobang yang berukuran kepala orang dewasa.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Bekasi, Ridwan Kamil Minta Gerbang Sekolah Dipindah

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya