Ridwan Kamil Tinjau Jalur Mudik di Bekasi, Ada 71 Perbaikan 

Setengah dari 71 titik perbaikan rampung sebelum Lebaran

Bekasi, IDN Times - Gubernur Jawa Barat meninjau perbaikan jalur mudik di Jalan RA Kartini, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, pada Rabu (29/3/2023).

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengatakan, mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdapat beberapa jalan yang harus diperbaiki. 

"Pertama memang masyarakat tidak bisa membedakan mana jalan desa, jalan kabupaten, jalan nasional semua dipukul rata melapor ke Pak Gubernur. Tapi poinnya secara kewenangan memang ada levelnya," kata Emil kepada wartawan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Harapkan Tol Cisumdawu Beroperasi Sebelum Lebaran 

1. Terhitung 50 persen jalan di Jabar rampung sebelum Lebaran

Ridwan Kamil Tinjau Jalur Mudik di Bekasi, Ada 71 Perbaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dia mengatakan, terdapat 71 perbaikan jalan di jalur mudik wilayah Provinsi Jawa Barat. Namun, pihaknya hanya mampu menyelesaikan 50 persen sebelum Lebaran.

"Alhamdulillah ini setengahnya udah beres sebelum Lebaran. Sebelum Lebaran kan dibatasi itu H-10 harus udah selesai karena udah mulai terjadi mudik," katanya.

"Nanti di 50 persennya insyAllah setelah Lebaran dilaksanakan," tambahnya.

2. Alasan Pemprov tak fokus perbaiki jalan rusak

Ridwan Kamil Tinjau Jalur Mudik di Bekasi, Ada 71 Perbaikan Ilustrasi jalur mudik . (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Emil juga menjelaskan alasan tidak fokusnya Pemprov menangani jalanan yang rusak. Dia mengatakan, lima tahun terakhir pihaknya memfokuskan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Selama COVID itu kita setahun hilang Rp5 triliun, dikali dua tahun hilang Rp10 triliun. Jadi lima tahun terakhir ini adalah pemerintahan yang terdampak COVID, jadi tidak bisa menilai pembangunan di Jawa Barat dengan kaca mata normal," jelasnya.

3. Emil targetkan jalanan di Jabar mulus

Ridwan Kamil Tinjau Jalur Mudik di Bekasi, Ada 71 Perbaikan Ridwan Kamil saat menjadi speaker di Indonesia Millennial Summit 2019 held by IDN Times

Saat ini, lanjut Emil, kondisinya sudah terbilang normal seperti belum terjadinya COVID-19. Dirinya juga menargetkan tidak ada lagi jalan di Provinsi Jabar yang rusak.

"Semoga tahun ini jalanan di Jawa Barat mulus, supaya bisa memperlancar ekonomi dan kita fokus ke hal-hal yang bukan substansi dasar lagi," harapnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya