Soroti UMKM, Anies Hadiri Pelantikan Sayap Partai NasDem di Bekasi

Organisasi sayap Partai NasDem bernama Garpu

Bekasi, IDN Times - Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan menghadiri pelantikan empat DPW organisasi sayap Partai NasDem bernama Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu), Senin (20/3/2023).

Kegiatan pelantikan yang digelar di Hotel Horison, Kota Bekasi juga dihadiri Ketua Umum Garpu Pietra Machreza Paloh.

"Saya ingin sampaikan selamat kepada DPW Garpu Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang baru saja dilantik," kata Anies kepada wartawan, Senin.

Baca Juga: Anies Baswedan Kunjungi Lombok Timur, Simpatisan: Anies Presidenku!

1. Kesejahteraan lewat UMKM

Soroti UMKM, Anies Hadiri Pelantikan Sayap Partai NasDem di BekasiMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Menurut Anies, pelaku ekonomi mikro di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Anies juga menyebut, nantinya akan banyak masyarakat yang terbantu lewat progam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari Garpu.

"Bila mereka berkembang angka potensi penyerapan tenaga kerjanya luar biasa besar. Akan ada begitu banyak keluarga yang terbantu peningkatan kesejahteraannya lewat kegiatan UMKM," katanya.

Baca Juga: Pekik Presiden, Topeng, dan Janji Kesejahteraan ala Anies Baswedan 

2. Tidak ada lagi warung yang doyong

Soroti UMKM, Anies Hadiri Pelantikan Sayap Partai NasDem di BekasiKetua Umum Garpu Pietra Machreza Paloh (Kanan). (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara itu, Ketua Umum Garpu, Pietra Machreza Paloh, menjelaskan, organisasi Garpu berdiri dari hati nurani pengurusnya untuk mendukung UMKM.

"Sebetulnya, dari ego dan pengurus sendiri dari pelaku Garpu-nya itu sendiri harus mementingkan kepentingan bersama dan memanusiakan UMKM dan tidak lagi ada warung yang doyong (lapuk)," jelasnya.

Baca Juga: Anies Sebut Ada yang Mau Ubah Konstitusi, Airlangga: Menko Itu Ada 4

3. Jangan kedepankan politik

Soroti UMKM, Anies Hadiri Pelantikan Sayap Partai NasDem di BekasiIlustrasi UMKM (Dok. IDN Times)

Setiap anggota Garpu juga diharuskan untuk mementingkan urusan perut daripada urusan politik.

Dirinya juga mewajibkan DPW melaporkan setiap temuan usaha yang membutuhkan bantuan.

"Ya kami semua harus maju bersama dan jangan urusan politik tapi perut nomor satu. Mereka (anggota Garpu) harus komit dan jemput kelapangan dan laporkan dan monitoring dan terbuka," ujarnya.

Baca Juga: Safari Anies ke Surabaya Disindir Hasto: Sepi! 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya