Viral, Dirigen Meninggal Dunia saat Malam Misa Natal di Gereja Bekasi

Almarhum sempat dapat perawatan medis sebelum meninggal

Bekasi, IDN Times - Video seorang dirigen paduan suara meninggal dunia saat memandu menyanyikan lagu rohani di dalam gereja. Video detik-detik kejadian ini pun viral setelah Hotman Paris mengunggah kejadian ini melalui akun Instagram pribadinya, @hotmanparisofficial. 

Diketahui, dirigen itu bersama Desmon Hutapea, 57 tahun. Peristiwa itu terjadi di Gereja HKBP Jatiasih, Kota Bekasi, pada Malam Misa Natal, Minggu, 24 Desember 2023.

Penatua Majelis Gereja HKBP Jatiasih, JB Siahaan, mengatakan Desmon merupakan maestro untuk memimpin lagu rohani di HKBP Jatiasih. 

"Jadi almarhum ini maestro, pengajar lagu puji-pujian atau koor di Gereja HKBP Jatiasih, dan demikian juga di beberapa instansi pemerintah," kata Siahaan kepada jurnalis, Rabu (27/12/2023). 

Baca Juga: Putri Candrawathi Dapat Remisi Khusus Natal Selama Satu Bulan

1. Detik-detik Desmon terjatuh

Viral, Dirigen Meninggal Dunia saat Malam Misa Natal di Gereja BekasiLokasi terjatuhnya Desmon saat sedang menjadi dirigen. (IDN Times/Imam Faishal)

Siahaan menjelaskan, saat itu perayaan Malam Misa Natal dimulai sejak pukul 18.00 WIB. Almarhum tampil dengan membawakan lagu dengan judul Glory-glory Haleluya sekitar pukul 19.30 WIB. 

Siahaan yang saat itu berada tidak jauh dengan posisi almarhum menceritakan, almarhum memulai lagu dengan kondisi sehat dan penuh semangat. Namun, memasuki menit terakhir lagu, Desmon terjatuh ke belakang. 

"Itu lagu yang dibawakan sekitar sembilan menit, dia di menit-menit terakhir (terjatuhnya), di beberapa kalimat terakhir setelah mau menutup (lagu), nyanyian itu udah mau selesai," katanya. 

2. Sempat mendapatkan perawatan

Viral, Dirigen Meninggal Dunia saat Malam Misa Natal di Gereja BekasiLokasi terjatuhnya Desmon saat sedang menjadi dirigen. (IDN Times/Imam Faishal)

Jemaat yang melihat kondisi Desmon langsung melakukan pertolongan pertama. Jemaat gereja yang berprofesi dokter berusaha mengecek kesadaran almarhum, sebelum dibawa ke Rumah Sakit Kartika Husada. 

"Beberapa jemaaat memang ada yang dokter ya, mereka langsung memberikan pertolongan sebisa mungkin, sampai beliau bisa ada nadinya, langsung kita bawa ke rumah sakit," jelasnya. 

Saat di rumah sakit, Desmon langsung menjalani perawatan di ruangan ICU. Namun, nyawa almarhum tidak dapat tertolong, setelah lebih dari satu jam menjalani perawatan. 

"Sekitar pukul 22.00 WIB lebih ya (meninggal dunia), lebih berapa saya gak ngerti, karena saat itu acara berlangsung terus, saat kejadian itu ada jeda Mmisa Natal 10 menit untuk menangani emergency beliau," ungkapnya. 

Baca Juga: 2,8 Juta Orang Naik KRL Selama Libur Natal 2023

3. Mengalami serangan jantung

Viral, Dirigen Meninggal Dunia saat Malam Misa Natal di Gereja BekasiGereja HKBP Jatiasih, Kota Bekasi. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia pun menduga, almarhum meninggal akibat serangan jantung. Sebab, dalam beberapa hari sebelum menghembuskan napasnya, Desmon memiliki aktifitas yang padat. 

"Riwayat sakitnya beberapa waktu lalu tidak ada yang mengkhawatirkan, tapi mungkin karena keletihan atau terlalu banyak aktivitas sehingga beliau terforsir energinya," katanya. 

Siahaan menambahkan, almarhum meninggalkan tiga anak yang sudah dewasa. Desmon juga aktif menjadi dirijen di luar lingkungan gereja HKBP Jatiasih. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya