Kali Lamong Meluap, Gresik Kembali Diterjang Banjir

Selain rumah warga, banjir juga merendam lahan pertanian

Gresik, IDN Times- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gresik dan sekitarnya membuat Kali Lamong kembali meluap. Akibat luapan kali tersebut, 7 desa di Kecamatan Balongpanggang dan 9 desa di Kecamatan Benjeng terendam pada Senin (28/12/2020).

1. Ketinggian banjir mencapai 2 meter lebih

Kali Lamong Meluap, Gresik Kembali Diterjang BanjirBanjir akibat meluapnya Kali Lamong. IDN Times/Istimewa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, ketinggian banjir yang menerjang dua kecamatan bervariasi, dari 1 hingga 2 meter lebih. Sedangkan bagi rumah warga yang berada di dataran rendah banjir bisa lebih dari 2 meter.

"Iya mas, ada dua kecamatan di Gresik yang kembali dilanda banjir luapan Kali Lamong," kata Tarso saat dihubungi IDN Times.

2. Ratusan warga Gresik diungsikan ke tempat yang lebih aman

Kali Lamong Meluap, Gresik Kembali Diterjang BanjirBanjir akibat meluapnya Kali Lamong. IDN Times/Istimewa

Tarso melanjutkan, puluhan warga yang tinggal di dua kecamatan yang rumahnya terendam banjir, saat ini sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Petugas BPBD Gresik juga sudah mendirikan posko pengungsian dan dapur umum.

"Petugas sudah bergerak semuanya dan langsung melakukan evakuasi terhadap korban banjir mengunakan perahu karet," jelasnya.

Baca Juga: Petugas KPPS di Gresik Berdandan ala Koboi, Bawa 'Senjata' Thermo Gun 

3. Pada 23 Desember lalu, banjir juga merendam dua kecamatan di Gresik

Kali Lamong Meluap, Gresik Kembali Diterjang BanjirBanjir akibat meluapnya Kali Lamong. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, pada pada Minggu 13 Desember 2020 lalu, banjir juga melanda dua kecamatan tersebut banjir saat itu juga disebabkan meluapnya Kali Lamong.

"Banjir ini setiap tahunnya terjadi kok mas, jadi antisipasi dan kesiapannya pun sudah kita persiapkan, termasuk melakukan evakuasi korban, mendirikan tenda dan menyiapkan logistik," pungkasnya.

Baca Juga: Bocah SMP di Gresik Hilang Saat Berenang di Kali Lamong

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya