Comscore Tracker

Terkendala Enceng Gondok, 4 Korban Perahu Terbalik Belum Ditemukan

Selain itu, pencarian juga terkenal arus deras

Tuban, IDN Times - Pencarian terhadap empat korban perahu terbalik di Sungai Bengawan Solo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, terkendala. Selain tumpukan sampah, enceng gondok yang memadati aliran sungai juga menghambat pencarian. Hingga hari ke-5 pencarian berakhir, empat korban yang masih dinyatakan hilang.

1. Pencarian terhadap korban juga terkendala arus deras sungai

Terkendala Enceng Gondok, 4 Korban Perahu Terbalik Belum DitemukanTim SAR gabungan terus melakukan pencarian para korban perahu terbalik di Sungai Bengawan Solo, Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Selain material sampah dan juga enceng gondok yang memadati sungai, pencarian terhadap para korban perahu terbalik juga terkendala derasnya arus sungai. Meski begitu, tim SAR gabungan masih terus berupaya mencari korban hingga radius 50 kilometer.

"Kendala yang kami hadapi saat melakukan pencarian adalah arus sungai yang deras ditambah banyaknya material sampah dan enceng gondok yang memadati sungai," kata Wakil Komandan Tim SAR Gabungan Basarnas Surabaya, Brian Gautama, Minggu (7/11/2021).

2. Batas pencarian para korban yang hilang selama 7 hari

Terkendala Enceng Gondok, 4 Korban Perahu Terbalik Belum DitemukanTim SAR gabungan berhasil menemukan jasad korban perahu terbalik di Sungai Bengawan Solo. IDN Times/Imron

Brian menjelaskan, pencarian 4 korban yang saat ini masih hilang akan dilakukan sampai korban ditemukan dengan batasan pencarian selama 7 hari. Pencarian sendiri telah dibagi menjadi 6 regu, 5 mencari disepanjang aliran sungai dan satu regu lainnya menyisir di wilayah daratan.

"Arus sungai saat ini memang deras karena di wilayah hulu sana intensitas curah hujan tinggi sehingga air ini mengalir dan membawa tumpukan sampah serta enceng gondok dan kita minta doanya agar para korban ini segera ditemukan," ujarannya.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Perahu Terbalik Khofifah Wacanakan Nakhoda Bersertifikat

3. Masyarakat diminta untuk menginformasikan jika mengetahui korban tenggelam

Terkendala Enceng Gondok, 4 Korban Perahu Terbalik Belum DitemukanTim SAR gabungan terus melakukan pencarian para korban perahu terbalik di Sungai Bengawan Solo, Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Untuk itu, lanjut Brian, warga yang berada di bantaran sungai agar juga ikut membantu petugas dalam memberikan informasi apabila mengetahui salah satu dari 4 korban yang masih belum ditemukan ini mengapung di sungai. Adapun 5 korban yang saat ini masih hilang adalah Erma Fitriani (28) warga Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Sutri (60) warga Desa Maibit, Kecamatan, Rengel, Kabupaten Tuban, Dedy Sutio Nugroho (25) dan Arifin (29) warga Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

"Partisipasi dari masyarakat sangat kita membutuhkan dalam mencari 4 korban yang saat ini masih hilang," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Jenazah Korban Perahu Terbalik Kembali Ditemukan, 4 Masih Hilang

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya