3 Tips Sederhana Agar Ramadan Tetap Membekas

Apakah kamu siap melakukannya?

Jakarta, IDN Times - Ramadan merupakan bulan suci umat Muslim yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Selama satu bulan penuh, umat Muslim diwajibkan berpuasa dan menahan segala hawa nafsu.

Selain itu, umat Muslim juga berlomba-lomba melakukan ibadah lainnya seperti salat tarawih, tadarus atau membaca Alquran, salat malam, hingga sedekah atau berbagi dengan fakir miskin. 

Agar nuansa Ramadan tetap membekas, ini hal-hal positif yang bisa kamu lakukan setelah Ramadan berakhir.

1. Menjaga kualitas dan kuantitas ibadah

 3 Tips Sederhana Agar Ramadan Tetap Membekasmusliminc.com

Saat Ramadan, hampir semua masjid dipenuhi umat Muslim yang berduyun-duyun beribadah, entah itu salat tarawih, salat sunah, atau tadarus. Setelah Ramadan berlalu, sebaiknya semangat beribadah dan beramal saleh pun terus dilanjutkan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Baca juga: Cerita Unik Jalani Ramadan di Prancis

2. Berhenti menggunjing orang lain

 3 Tips Sederhana Agar Ramadan Tetap Membekasimdb.com

Ghibah alias menggunjing orang lain seolah jadi makanan sehari-hari, entah itu tetangga, teman, rekan kerja, atau atasan sekali pun. Saat Ramadan, tentu kebiasaan itu sebaiknya dihindari.

Nah, akan lebih baik lagi jika kebiasan ghibah itu dihilangkan juga pasca Ramadan. Tak ada lagi caci maki, umpatan kasar, atau ngomongin orang di belakang. Kan, sudah saling memaafkan saat Idul Fitri? Yuk, mulai dari nol lagi.

3. Menolong sesama

 3 Tips Sederhana Agar Ramadan Tetap Membekasconsumerguide.sg

Saat Ramadan tiba, semua umat Muslim berlomba-lomba menolong sesama. Ada yang menyantuni fakir miskin, berbagi bersama anak-anak yatim, atau menyumbangkan sebagian hartanya untuk takjil berbuka di masjid.

Kebiasaan menolong sesama itu akan berdampak baik jika dikakukan setiap hari, baik saat Ramadan maupun sesudah nya. Selain berpahala, menolong sesama juga dapat mempererat persaudaraan, menyejukkan hati dan pikiran. Setuju?

Baca juga: Suka Duka Jalani Ramadan di Negeri Orang

Topik:

Berita Terkini Lainnya