Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan Ini

Ani Yudhoyono diminta tetap semangat dan ikhlas

Jakarta, IDN Times - Penyintas kanker paru stadium 4B, Sutopo Purwo Nugroho, berdoa untuk kesembuhan Ani Yudhoyono. Mantan ibu negara tersebut menderita penyakit kanker darah atau leukimia. Hal itu disampaikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui video berdurasi kurang lebih 5 menit. Kini, Ani menjalani perawatan intensif di National University Hospital, Singapore.

1. Sutopo paham rasanya menjadi penyintas kanker

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan IniTwitter/@Sutopo_PN

Dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sutopo mengungkapkan, saat ini ia sedang menjalani kemoterapi ke-8 di RSPAD Jakarta. Ia sengaja mengirimkan doa untuk kesembuhan Ibu Ani SBY dari sakit kanker darah.

"Bu Ani, mungkin saya bukanlah siapa-siapa bagi Ibu Ani. Tapi saya sebagai penyintas kanker, memahami bagaimana sakitnya secara lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis sakit kanker. Rasa shock, bingung dan sedih pasti memenuhi benak kita. Mengapa saya? Itu pertanyaan yang selalu muncul di awal," ujar Sutopo.

2. Ani Yudhoyono diminta tetap semangat dan ikhlas

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan IniInstagram/@aniyudhoyono

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB tersebut berpesan agar Ani Yudhoyono tetap semangat dan ikhlas menerima ujian sakit kanker darah. "Terus berdoa dan ikhtiar, serta selalu bersyukur kepada Allah SWT karena masih banyak kenikmatan dan kesehatan tubuh lain yang Allah limpahkan kepada Ibu Ani," ungkapnya.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Kanker Darah, seperti Apa Penanganannya?

3. Ani Yudhoyono diminta terus berdoa

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan IniInstagram.com/@aniyudhoyono

Sebagai penyintas kanker paru stadium 4B yang sudah menjalani 1 tahun ini dan saat ini sedang menjalani kemoterapi ke-8, Sutopo memahami rasa sakit itu. Menurut dia, perlu kesabaran dan kekuatan menghadapi ujian yang berat ini.

"Yang penting Ibu Ani harus ikhlas dan semangat. Jangan putus asa dan menyerah. Tetaplah berdoa kepada Allah SWT karena sesungguhnya sehat dan sakit itu kuasa Allah. Dokter, perawat dan orang lain adalah perantara saja sesuai keahlian yang dimilikinya," pesan Sutopo.

4. Sakit kanker pertanda kualitas hidup harus lebih baik

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan Iniinstagram.com/@aniyudhoyono

Menurut Sutopo, dengan menyintas sakit kanker berarti seseorang harus meningkatkan kualitas gaya hidup sehat. Oleh sebab itu, ia berpesan, Ani harus menjaga pola makan dan menghindari makanan yang disukai kanker.

"Hindari gula, kalau perlu tidak usah konsumsi lagi. Makan-makanan yang dibakar, berpengawet dan kimiawi dihindari. Perbanyak buah dan sayur. Yang tak kalah penting tetaplah berpikir positif. Pikiran sangat mempengaruhi hati, sikap, batiniah dan kesehatan tubuh kita," ujarnya.

5. Sakit kanker darah adalah tanda sayang Allah

Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan IniInstagram/@aniyudhoyono

Sutopo mengatakan, sakit kanker darah adalah tanda Allah sayang pada Ani. Allah sedang menguji kesabaran, kekuatan dan takwa umatnya agar senantiasa berdoa, meminta belas kasihan dan mengangkat sakit tanpa meninggalkan sakit yang lain.

"Jadi tetap semangat, ikhlas dan sabar ya bu. Semoga ibu cepat sembuh dan sehat. Rakyat Indonesia mendoakan Ibu dan membutuhkan Ibu. Buat Pak SBY dan keluarga agar tetap sabar merawat Ibu Ani. Keluarga adalah sumber penyemangat utama bagi para penyintas kanker," kata Sutopo.

Baca Juga: Setelah Bertemu Raisa, Penyintas Kanker Sutopo 'BNPB' Kebanjiran Doa

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya