Banjir dan Tanah Longsor Terjang Dua Kabupaten di Jabar, Dua Orang Meninggal Dunia

Kemensos memberikan santunan senilai 30 juta kepada ahli waris

Bandung, IDN Times - Bencana banjir dan tanah longsor menerjang Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Kementerian Sosial pun bergerak cepat melakukan langkah penanggulangan bencana. 

1. Segera berkoordinasi dengan pemda setempat

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Dua Kabupaten di Jabar, Dua Orang Meninggal DuniaTeatrika Putri/IDN Times

“Kementerian Sosial telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dalam hal penanganan korban terdampak bencana,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat saat meninjau lokasi terdampak banjir dan tanah longsor di Kantor Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Sabtu (10/3).

Upaya yang dilakukan meliputi assesment untuk menganalisis kebutuhan korban bencana terdampak dan mengerahkan Tagana Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung untuk bergabung dengan relawan lain dalam melakukan operasi SAR.

“Tagana dan KSB juga mendirikan shelter untuk penampungan sementara, memberikan bantuan natura untuk pemenuhan kebutuhan permakanan, serta layanan dukungan psikososial bagi korban yang mengungsi,” paparnya. 

Selanjutnya melakukan pendataan terhadap korban meninggal, pengungsi dan kerusakan rumah untuk direncanakan relokasi terhadap rumah terdampak longsor.

Baca juga: Volume Banjir Surabaya Menyusut, Risma Beberkan Rahasianya

2. Dua orang meninggal dunia

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Dua Kabupaten di Jabar, Dua Orang Meninggal DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Bencana longsor di Desa Buninagara, Kecamatan Sindang Kereta, Kabupaten Bandung Barat terjadi pada Senin pagi, 5 Maret 2018. Longsor yang terjadi seluas 5 hektare, memanjang dari tebing ke sungai melewati rumah dan sawah. 

Korban meninggal sebanyak dua orang dalam satu keluarga, yakni Puja Nurbayanti (14) dan Damah (45) yang merupakan anak dan ibunya dengan ahli waris yang merupakan suami Alm. Damah yaitu Kuswandi (49). 

Ketika mengunjungi pos pengungsian di Gedung Inkanas Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Harry menyerahkan bantuan logistik senilai 132,5 juta kepada Sekda Kabupaten Bandung. Logistik yang diserahkan berupa beras, lauk pauk paket, selimut dan perlengkapan keluarga.

Santunan senilai 30 juta diberikan kepada ahli waris dua korban meninggal dunia tersebut. "Saya atas nama Menteri Sosial menyampaikan dukacita atas meninggalnya istri dan anak pak Kuswandi, mari kita bersama doakan almarhum agar mendapat tempat yang layak disisiNya," ungkapnya seraya memanjatkan doa bersama seluruh yang hadir.

3. Sembilan rumah akan direlokasi

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Dua Kabupaten di Jabar, Dua Orang Meninggal DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Akibat longsor tersebut, sebanyak 13 kepala keluarga mengungsi di rumah sanak saudara mereka. Longsor juga menyebabkan satu rumah tertimbun, satu rumah rusak berat, dua rumah rusak ringan dan 5 rumah terancam longsor. 

"Seluruhnya berjumlah sembilan rumah dan direncanakan direlokasi. Lahan telah disiapkan pemerintah desa melalui tanah kas desa,” kata Harry. 

Harry mengimbau kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah untuk mulai memikirkan bagaimana upaya kedepan agar kejadian banjir yang menimpa warga tidak terulang.

"Saya berharap kepada seluruh OPD agar menyusun strategi untuk mengatasi banjir, kalau bisa banjir tidak usah berulang tiap tahun. Kerja keras seluruh pihak saya kira dapat membuahkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Baca juga: Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini Alasannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya