Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden Jokowi

Doni Mordano menggantikan Kepala BNPB Willem Rampangilei

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dikabarkan akan melantik Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Doni Mordano menggantikan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

1. Sertijab dilakukan di Kantor BNPB

Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengaku tidak tahu siapa pengganti Kepala BNPB Willem Rampangilei. Namun, dia membenarkan undangan pelantikan Kepala BNPB yang telah menyebar di media sosial.

"Semua itu kewenangan Presiden. Rencana setelah pelantikan di Istana langsung sertijab di kantor BNPB," kata Sutopo.

Baca Juga: BNPB Prediksi Ada 2500 Bencana Alam Sepanjang 2019

2. Pengangkatan Kepala BNPB jadi kewenangan presiden

Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Sutopo, jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri sehingga pemberhentian dan pengangkatan Kepala BNPB adalah kewenangan Presiden. Sebab, Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada Presiden.

"Fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana," ungkapnya.

Itu semua diatur dalam UU No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

3. Tugas sebagai Kepala BNPB amat kompleks

Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden JokowiIDN Times/Vanny El Rahman

Sutopo mengatakan, tidak mudah mengemban tugas sebagai Kepala BNPB. Sebab, bencana itu multidisiplin, multi sektor dan kompleks. Apalagi Indonesia berada di daerah ring of fire, daerah tropis, kepulauan dan sebagai laboratorium bencana.

Menurut dia, bencana adalah keniscayaan. Pasti terjadi bencana setiap tahunnya, rata-rata hampir 2.500 kejadian bencana setiap tahun. Apalagi budaya sadar bencana dan tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan pemda masih rendah.

"Jutaan masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana dengan kemampuan mitigasi yang masih minim," kata Sutopo.

4. Dukungan semua pihak dibutuhkan

Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden JokowiANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Untuk itu, lanjutnya, perlu dukungan semua pihak termasuk unsur pemerintah pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha. Siapa pun yang menjadi Kepala BNPB harus didukung.

"Keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung Kepala BNPB baru. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB yang lama," ujarnya.

5. Banyak tugas yang harus segera diselesaikan oleh Kepala BNPB baru

Doni Monardo Jadi Kepala BNPB, Segera Dilantik oleh Presiden Jokowidok. IDN Times/Istimewa

Menurut Sutopo, banyak capaian dan prestasi BNPB selama kepemimpinan Willem. Tentu semua itu bisa dilanjutkan dan dikembangkan. Oleh sebab itu, banyak tugas yang harus diselesaikan oleh Kepala BNPB yang baru, seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda, meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya.

"Jadi bukan darurat saja tapi juga pra bencana dan pascabencana. Semoga bencana dapat diatasi dengan lebih baik. Masyarakat makin tangguh menghadapi bencana," tandasnya.

Baca Juga: Kenapa Bencana Alam Semakin Sering Terjadi? Ini Jawaban BNPB 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya