Comscore Tracker

IMS 2020: Begini Strategi Sido Muncul Mendongkrak Penjualan

Bos Sido Muncul Irwan Hidayat tampil #IMS2020

Jakarta, IDN Times - Menggunakan jasa bintang iklan adalah salah satu strategi penjualan PT Sido Muncul. President Director PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan, bintang iklan yang menurutnya paling mengesankan adalah Anna Maria, istri aktor Roy Marten.

Pada 2006, Roy Marten diciduk polisi karena narkoba. Melihat Anna Maria stres, timbul rasa kasihan di hati Irwan. Ia lantas punya ide untuk menjadikan Anna Maria salah satu bintang iklan produk Sido Muncul.

"Saya telepon dia, kasih harga paling mahal. Lalu dia jawab 'kalau bapak bayar dua kali lipat gimana? Saya perlu uang banyak'. Oke deh. Habis saya tutup telepon nyesel sendiri. Tapi sudah janji," kata Irwan dalam acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times di Jakarta, Jumat (17/1).

Dalam proses pembuatan iklan itu, Irwan mendapatkan ide saat beribadah di gereja. Dalam khotbah itu, Irwan mendengar kalimat inspiratif.

"Si pendeta bilang 'saat-saat sulit, ikutilah hati kecilmu'. Besoknya saya buat copyrightnya," kata Irwan.

Irwan menulis 'apa yang terjadi dalam hidupmu, semua adalah jalan tuhan. Ya seperti hari sulit saat ini, saya ikuti suara hati saya. Tapi, kalau masuk angin, minum tolak angin.'

"Setelah itu salesnya naik 5 kali lipat," ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan saat menjadikan Mbah Marijan sebagai bintang iklan. Melihat sosok Mbah Marijan yang sederhana, Irwan pun membuat iklan dengan kalimat yang lekat dengan kehidupannya.

"Awalnya pakai kalimat 'Kuku Bima Energi, Edan Men!'. Tapi gak cocok, diganti 'Kuku Bima Energi, Rosa!'. Salesnya langsung naik 4 kali lipat selama 2 semester. Lalu tahun depannya naik lagi 3 kali lipat," kata Irwan.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/qR6JaX6AhQI

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya