Comscore Tracker

Jokowi Minta Relawan Siap Berantem, Ini Kata Projo

Pernyataan Jokowi diklaim hanya penggalan kalimat pidato

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menghadiri Rapat Umum Relawan Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8).

Para relawan Jokowi tersebut berasal dari berbagai organisasi, seperti Projo, Bara JP , Seknas Jokowi, Almisbat, Duta Jokowi, Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Galang Kemajuan, hingga Buruh Sahabat Jokowi.

Usai pertemuan tersebut, Jokowi mengimbau para relawan tidak perlu mencari musuh dalam masa kampanye, tetapi juga siap jika harus terlibat baku hantam. Pernyataan tersebut sontak ramai di media massa.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi memberikan klarifikasinya saat dikonfirmasi IDN Times.

1. Pernyataan Jokowi dinilai sudah pas

Jokowi Minta Relawan Siap Berantem, Ini Kata ProjoANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Menurut Budi, hebohnya pernyataan Jokowi dalam acara Rapat Umum Relawan Jokowi yang dikomentari berbagai pihak telah disalahartikan, seolah-olah Jokowi memerintahkan relawannya untuk berkelahi.

Padahal, itu hanya penggalan dari bagian kalimat pidato Jokowi. Budi menilai, pernyataan Jokowi sudah pas dan tepat dalam acara itu.

"Tidak ada yang berlebihan. Presiden hanya memompa semangat relawannya untuk lebih militan. Presiden Jokowi berpesan supaya para relawan tidak perlu mencari musuh dalam masa kampanye, tetapi juga tidak boleh gentar apalagi takut. Tidak ada yang salah dengan pernyataan itu, " jelas Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (5/8).

2. Jokowi berpesan jangan membangun permusuhan

Jokowi Minta Relawan Siap Berantem, Ini Kata ProjoIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam pidato tersebut, lanjut Budi, Jokowi juga berpesan jangan membangun permusuhan, jangan membangun ujaran-ujaran kebencian, jangan membangun fitnah-fitnah.

"Tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang lain. Tapi kalau diajak berantem juga berani. Pernyataan Presiden menurut kami tepat dan bagus untuk memompa daya juang di tengah maraknya hoax dan fitnah dengan data-data palsu," jelas Budi.

Baca Juga: Romahurmuziy Masuk Daftar Cawapres Jokowi

3. Jokowi didukung oleh relawan militan

Jokowi Minta Relawan Siap Berantem, Ini Kata ProjoANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Budi, Jokowi sempat kaget karena para relawan semangat menyambut pernyataannya itu. Bahkan, Jokowi mengaku terkejut karena seluruh relawan menyatakan siap bertarung.

Budi menilai, ini membuktikan Relawan Jokowi sangat militan dan tak pernah gentar, sebab sebagian besar Relawan Jokowi adalah aktivis dan para petarung yang militan.

"Dalam kalkulasi dan diskusi kami, memang berkembang pendapat bahwa orang- orang dan kelompok yang akan kita hadapi adalah para koruptor, pengusaha hitam dan pihak- pihak yang ingin melindungi diri dan keluarganya dari kasus-kasus korupsi yang mereka lakukan. Negara dan bangsa ini milik rakyat, bukan orang- orang yang ingin membangun dinasti untuk anak dan keluarganya," ungkapnya.

Baca Juga: FOTO: Pameran Seni Art Jakarta Membius Pengunjung

Line IDN Times

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You