KJRI Guangzhou Pastikan Jenazah Sutopo Dipulangkan Secepatnya

Sutopo divonis kanker sejak akhir Desember 2017 lalu

Jakarta, IDN Times - KJRI Guangzhou tengah memproses kepulangan jenazah Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di Tiongkok seperti Pimpinan Rumah Sakit, Bea Cukai Tiongkok dan Pimpinan Kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah dapat dipulangkan ke tanah air secepatnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Konsul Jenderal RI di Guangzhou Gustanto dan seluruh jajaran KJRI Guangzhou berada di rumah sakit untuk secara langsung mengatur kepulangan jenazah almarhum ke Indonesia.

Saat mengembuskan napas, almarhum Sutopo didampingi istri tercinta, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Sementara Menteri Luar Negeri RI, Ibu Retno L.P. Marsudi telah menghubungi istri almarhum pagi tadi sekitar pukul 06.00 waktu Jakarta untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada pihak keluarga. Pada kesempatan tersebut, Menlu RI juga menyampaikan bahwa Perwakilan RI di Guangzhou akan mengatur hal-hal terkait pengurusan jenazah suami tercinta.

Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019 lalu.

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak Sutopo divonis kanker akhir Desember 2017 lalu, ia masih terus gigih melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Baca Juga: Ketua PBNU: Dedikasi dan Perjuangan Sutopo Patut Diteladani

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya