Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa terasa di beberapa willayah

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 5,9 SR mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 02.30 WIB. Gempa yang berpusat di 159 km tenggara Kabupaten Malang tersebut tidak menimbulkan dampak merusak.

"Gempa dengan kedalaman 10 tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (19/2).

1. Gempa terasa di beberapa willayah

Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi TsunamiInternet

Sutopo menjelaskan, Posko BNPB telah melakukan konfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD yang merasakan guncangan gempa. Berikut data yang terkumpul.

- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kabupaten Malang
- Gempa dirasakan kuat selama ±4 - 5 detik di Kota Malang
- Gempa dirasakan kuat selama ± 5 detik di Kabupaten Lumajang
- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kabupaten Blitar
- Gempa dirasakan sedang selama ±3 - 4 detik di Kota Batu

2. Tak ada korban jiwa

Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Menurut Sutopo, gempa tidak dirasakan di Provinsi Bali. Hingga saat ini belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa. Sebagian masyarakat melakukan respon dengan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa," ujarnya.

3. Masyarakat telah beraktivitas seperti biasa

Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat ini, kata Sutopo, kondisi masyarakat telah normal dan beraktivitas seperti biasa. Sementara, BPBD masih melakukan pendataan di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Sutopo lantas mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

"Jangan percaya pada isu-isu menyesatkan karena hingga saat ini belum ada negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti kapan, di mana, kekuatannya, lokasi detail dan lainnya," kata Sutopo.

4. Masyarakat harus selalu waspada

Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Yogie Fadila

Sutopo menjelaskan, masyarakat Indonesia tinggal di negara rawan gempa. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi gempa.

"Kita harus harmoni dengan alam yang ada. Gempa selalu terjadi. Pada tahun 2017 terjadi gempa kecil hingga besar sekitar 6.000 gempa sedangkan pada 2018 terjadi lebih dari 11.000 kali kejadian gempa," ungkapnya.

Baca Juga: Malang Diguncang Gempa 5,9 SR, Terasa Hingga ke Bali

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya