Comscore Tracker

Memanas! DPD Demokrat DKI Akan Gelar Cap Jempol Darah untuk AHY

Aksi ini untuk dukung AHY?

Jakarta, IDN Times - DPD Partai Demokrat DKI Jakarta akan menyelenggarakan Cap Jempol Darah Loyal dan Setia Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pagi ini. Acara akan berlangsung di kantor DPD DKI Jakarta.

"Agenda cap jempol darah akan dihadiri oleh para fungsionaris DPD, DPC, dan simpatisan kader Demokrat," kata Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Taufik Rendusara kepada IDN Times, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga: NasDem Berharap Kemelut di Partai Demokrat Segera Terurai

1. Acara dibagi dalam tiga sesi

Memanas! DPD Demokrat DKI Akan Gelar Cap Jempol Darah untuk AHYANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Karena masih suasana pandemik, Taufik menjelaskan, acara akan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama pada pukul 09.00 WIB dan akan dihadiri DPC Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sesi kedua, pukul 10.00 WIB dihadiri DPC Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, kemudian sesi ketiga pukul 11.00 WIB dihadiri DPC Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

"Kemarin di instruksi tidak ada jumlah pasti (peserta), kalau simpatisan kita gak bisa hitung. Untuk total peserta kira-kira 500 orang," kata Taufik.

2. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat

Memanas! DPD Demokrat DKI Akan Gelar Cap Jempol Darah untuk AHYPendiri Partai Demokrat Etty Manduapessy (tengah) didampingi para kader lainnya menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Endi Ahmad

Kendati mengundang banyak orang, Taufik mengklaim, protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Pihaknya juga telah menyiapkan tenaga medis. Setelah acara cap jempol darah selesai, mereka akan bersama-sama menuju DPP Partai Demokrat.

"Ada 33 DPD se-Indonesia yang menunggu DPD Jakarta di DPP. Nanti bersama Ketum (Ketua umum) Demokrat AHY kami akan pasang spanduk (yang telah diberi cap jempol darah) di DPP Demokrat. Sementara, untuk masyarakat gak ada cap jempol darah. Masyarakat yang mendukung demokrasi di Indonesia silakan tanda tangan di spanduk tersebut," kata dia.

Taufik memastikan, AHY akan hadir dalam acara tersebut. Sementara, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kemungkinan tidak hadir.

"Kami akan minta maaf ke masyarakat dalam suasana COVID-19 seperti ini. Dengan adanya extra ordinary Kongres Luar Biasa (KLB) di Sumatra Utara, kami harus lakukan aksi sebenarnya untuk menunjukkan pada masyarakat. Mohon doa restunya, apa yang dilakukan DPD Demokrat DKI Jakarta dalam rangka menyelamatkan demokrasi di Indonesia," kata dia.

3. Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB

Memanas! DPD Demokrat DKI Akan Gelar Cap Jempol Darah untuk AHYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangi, Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat, 5 Maret 2021. KLB ini terus berjalan meski sempat diwarnai bentrokan massa. 

Kongres dibuka pukul 14.44 WIB. Tapi durasi kongres berlangsung singkat, kurang dari satu jam. Dua nama dicalonkan sebagai ketua umum Partai Demokrat. Mereka adalah Sekretaris Jenderal Partai Demokrat 2005-2010 Marzuki Alie dan Moeldoko.

Marzuki yang sebelumnya menjabat Sekjen Demokrat memilih mundur. Dengan demikian, Moeldoko terpilih secara aklamasi. Uniknya, Moeldoko tak hadir sejak awal hingga selesainya kongres. 

Sementara, Marzuki Ali ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. "Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025," kata pimpinan sidang yang dibacakan Jhonny Allen.

Baca Juga: SBY Disebut Guru Kudeta Sebenarnya di Partai Demokrat

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya