Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai, Helikopter BNPB Sempat Rusak

250 personel dikerahkan untuk pemadaman

Jakarta, IDN Times - Upaya pemadaman kebakaran Gunung Ciremai terus dilakukan hingga hari ini, Minggu (11/8). Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menjelaskan, pemadaman menggunakan helikopter water boombing berkapasitas 1.000 liter.

"Selain itu, upaya pemadaman secara manual masih dilakukan dengan dibantu oleh tim pemantau dari puncak Gunung Ciremai dan Tim Dorongan Logistik yang didampingi oleh BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Barat," jelas Agus dalam keterangan tertulis.

1. Helikopter sempat rusak

Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai, Helikopter BNPB Sempat RusakDok.BNPB

Agus menjelaskan, helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sebelumnya dikirim untuk membantu upaya pemadaman mengalami sedikit kerusakan. Hal itu terjadi setelah dua kali melakukan pengeboman air pada pukul 07.22 dan 10.00 WIB kemarin.

"Oleh karena itu, operasional helikopter jenis Bell 412SP tersebut sementara dihentikan hingga proses perbaikan selesai," jelasnya.

2. Perubahan arah angin turut menghambat proses pemadaman

Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai, Helikopter BNPB Sempat RusakDok.BNPB

Selain helikopter yang sempat mengalami kerusakan, kendala lain yang menghambat jalannya proses pemadaman ialah perubahan arah angin. Hal itu memicu meluasnya kebakaran hutan lahan dan membuat loncatan bara api.

"Lokasi kebakaran yang berada di atas ketinggian 2600–3078 Mdpl juga membuat tim kesulitan dalam menjangkau titik api," katanya.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran Ciremai, Helikopter  Ambil Air di Situ Cikuda

3. Kepulan asap tampak di sebelah utara Puncak Gunung Ciremai

Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai, Helikopter BNPB Sempat RusakDok.BNPB

Sebelumnya, berdasarkan pantauan dari personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan masih ditemukan titik api pada koordinat S 6°54'08.8", E 108°24'04.3" ± 100 m di atas Blok Sanghiyang Ropoh dan Sanghiyang Rangka. Kondisi cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah Barat ke Timur dengan kecepatan 3,4 -3,5 m/sec.

"Sementara itu, berdasarkan pantauan dari Desa Garatengah Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, terdapat kepulan asap di sebelah utara Puncak Gunung Ciremai," kata Agus.

4. Sebanyak 250 personel dikerahkan

Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai, Helikopter BNPB Sempat RusakDok.BNPB

Pantauan udara dari Heli Bell 412SP, kawasan habitat edelweiss yang belum terbakar berada di lokasi antara Jalur Pendakian Linggarjati dan Jalur Evakuasi Setianegara.

Sebanyak 205 personel terlibat dalam penanganan kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Mereka berasal dari unsur BPBD Kuningan, TNI, TNGC, POLRI, BNPB, BPBD Provinsi Jabar, MPGC Palutungan, MPGC Linggarjati, MPGC Linggasana, masyarakat dan volunteer pecinta alam yang tersebar di sejumlah titik.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Ciremai, BNPB Kerahkan Dua Helikopter

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya