Puncak Arus Balik, Masyarakat Jangan Berhenti di Bahu Jalan Tol

Bisa menimbulkan kecelakaan

Semarang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bahu jalan tol. Sebab, hal itu dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan dan menurunkan efektivitas lalu lintas di jalan tol.

"Kami semua secara intensif mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bahu jalan tol apabila tidak dalam kondisi darurat. Jika ingin beristirahat, mereka bisa keluar ke kota-kota terdekat di sepanjang jalur utara," ujar Budi saat meninjau Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Jawa Tengah, Minggu (9/6).

1. Hari ini masih menjadi puncak arus balik

Puncak Arus Balik, Masyarakat Jangan Berhenti di Bahu Jalan TolDok.IDN Times/Istimewa

Budi mengatakan, kemarin dan hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik. Berdasarkan riset, dari arah Jogja dan Solo menjadi daerah yang memiliki pemudik terbanyak dengan tujuan balik ke arah barat atau Jakarta.

Pada Sabtu kemarin (8/6), dilaporkan sudah terjadi lonjakan kendaraan yang signifikan, yang masuk melalui Gerbang Tol Banyumanik, Semarang. Oleh karena itu, Budi mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada arus balik untuk merencanakan perjalanannya dengan baik.

“Katakanlah kita berangkat dari Solo dengan kondisi yang sudah cukup tidur atau istirahat. Di perjalanan bisa berhenti di Kendal atau Semarang untuk mengisi bensin hingga penuh (full). Kemudian melanjutkan perjalanan," ujarnya.

"Jika dalam perjalanan harus mengisi bensin atau istirahat, bisa keluar tol dan memanfaatkan kota-kota besar untuk mengisi bahan bakar dan istirahat agar lebih bugar atau bisa sekalian sambil berwisata, menikmati kuliner dan oleh-oleh seperti di Pekalongan, Tegal, atau Brebes,” lanjut Budi.

Baca Juga: Arus Balik ke Jakarta di Tol Cikampek Masih Macet

2. Rest area hanya untuk tempat berhenti dalam kondisi darurat

Puncak Arus Balik, Masyarakat Jangan Berhenti di Bahu Jalan TolIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Budi mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, Korlantas, Jasa Marga dan stakeholder terkait untuk menjadikan rest area di jalan tol sebagai fungsi emergency (darurat).

"Kami sarankan sebagai salah satu langkah manajemen lalu lintas di jalan tol, rest area menjadi tempat berhenti emergency saja. Kalau memang harus mampir, baru kesana," imbaunya.

3. Pemerintah menekankan arus mudik/balik menggunakan angkutan umum

Puncak Arus Balik, Masyarakat Jangan Berhenti di Bahu Jalan TolDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, Budi mengatakan pihaknya mengimbau masyarakat mengutamakan bus atau angkutan umum dalam arus mudik dan balik.

"Kami pelan-pelan sedang melakukan edukasi sebenarnya yang diutamakan adalah angkutan umum. Saya sampaikan kepada teman-teman, angkutan umum itu harus diutamakan untuk arus mudik," lanjutnya.

Baca Juga: Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Punya 2 Strategi

4. Masyarakat harus mengubah perilaku untuk menjaga kebersihan

Puncak Arus Balik, Masyarakat Jangan Berhenti di Bahu Jalan TolDok.IDN Times/Istimewa

Budi juga meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan di rest area ataupun jalan tol agar tidak ada sampah berserakan.

Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga sepakat bahwa masyarakat harus mengubah perilaku untuk menjaga kebersihan. Sebab, kebijakan yang baik sekalipun tidak akan berhasil jika tidak ada kesadaran perilaku dari masyarakat.

"Saya di sini akan melihat dan mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki ke depannya. Manajemennya bagus, perilakunya tidak mengikuti ya sama saja pasti ada yang kurang," ungkap Basuki.

Senada dengan hal tersebut, Nila menyebut kedisiplinan terkait kebersihan harus ditingkatkan. Jika banyak sampah, akan semakin banyak penyakit yang datang.

"Perilaku yang berhenti di rest area atau bahu jalan kebersihannya kurang dijaga. Ini bisa jadi menimbulkan penyakit, angka kesehatan seperti diare angkanya tinggi karena kebersihannya kurang dijaga," kata dia.

Baca Juga: Puncak Arus Balik 2019, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Area Parkir

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya