Respons Polri atas Kritik Fahri Hamzah, Kasus Teror Tak Bisa Disamakan

Tindakan polisi sudah sesuai prosedur

Jakarta, IDN Times - Mabes Polri memberikan tanggapan atas kritik pedas salah satu pimpinan DPR Fahri Hamzah. Dalam akun Twitter-nya @Fahrihamzah, dia menyebut tindakan polisi represif saat menangkap tiga terduga teroris di Universitas Riau. Kritikan tersebut ditulis dengan tagar #SaveKampus.

1. Kasus teror tidak bisa disamakan kasus biasa

Respons Polri atas Kritik Fahri Hamzah, Kasus Teror Tak Bisa DisamakanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyebut, kasus teror tidak dapat disamakan dengan kasus biasa.

"Penangkapan kasus teror tidak sama dengan penangkapan kasus lain. Ini kan kami sudah melihat bom sudah disiapkan. Dan sudah ada prosedurnya terkait bawa senjata laras panjang," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (3/6).

2. Ada prosedur untuk kasus terorisme

Respons Polri atas Kritik Fahri Hamzah, Kasus Teror Tak Bisa DisamakanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Setyo lantas mempertanyakan pernyataan bahwa ‘Polisi seharusnya hanya membawa tongkat polisi saja’. Padahal, bom yang dirakit oleh tersangka MNZ justru sudah siap diledakkan.

"Jadi bagaimana jika SOP bawa senjata panjang tapi masuk bawa tongkat polisi? Sementara yang ditangkap sudah siap. Jadi penangkapan atau upaya paksa terhadap pelaku terorisme itu ada prosedurnya," kata Setyo.

3. Fahri mencuit soal represifnya polisi

Respons Polri atas Kritik Fahri Hamzah, Kasus Teror Tak Bisa DisamakanIDN Times/Kevin Handoko

Dalam akun Twitter-nya, Fahri Hamzah mengkritik penangkapan tiga terduga teroris yang dilakukan oleh Densus 88 Anti Teror. Dia menyebut, masuknya Densus 88 dengan senjata laras panjang ke lingkungan kampus sama seperti mengembalikan Indonesia ke zaman batu.

"Pak @jokowi, INI JANGAN DIBIARKAN, KALAU SENJATA LARAS PANJANG SUDAH MASUK KAMPUS, KITA TELAH KEMBALI KE ZAMAN BATU! Mungkin bapak tidak pernah menjadi aktifis. Maka bapak biarkan kejadian ini. Ini perang dengan mahasiswa!!" tulis akun Twitter akun @fahrihamzah.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya