Sasar Millennials, Waspada Bahan Kosmetik Berbahaya Ini

Girls, hati-hati dalam memilih kosmetik, ya!

Jakarta, IDN Times - Selama 2018, BPOM RI telah menyita kosmetik ilegal senilai Rp106,9 miliar. Kepala BPOM Penny K. Lukito, tingginya angka temuan kosmetik ilegal yang terjadi secara masif di seluruh Indonesia menunjukkan adanya permintaan yang tinggi dari masyarakat terhadap produk kosmetik.

"Untuk itu, belajar dari kasus-kasus produksi dan distribusi kosmetik ilegal di seluruh Indonesia, BPOM RI tak hentinya mengimbau kepada para konsumen untuk bijak dalam memilih produk kosmetik dan tidak tergiur dengan iklan-iklan menyesatkan atau harga yang tidak wajar," ujar Penny di Jakarta, Senin (13/8).

1. Generasi millennials jadi target kosmetik ilegal

Sasar Millennials, Waspada Bahan Kosmetik Berbahaya IniIDN Times/Fitria Madia

Menurut Penny, generasi millennials menjadi target produsen kosmetik ilegal karena lebih akrab dengan dunia digital. Generasi millennials kerap mendapatkan informasi kosmetik dari beauty blogger dan beauty vlogger.

Oleh sebab itu, mereka harus belajar memilih dan menggunakan kosmetik yang aman, bermutu, dan bermanfaat.

“Generasi millennials lebih sering terpapar dengan beragam informasi tentang kosmetik melalui iklan online serta beauty blogger dan beauty vlogger yang sekarang sedang marak," kata Penny.

2. BPOM menyita berbagai merek kosmetik palsu

Sasar Millennials, Waspada Bahan Kosmetik Berbahaya IniIDN Times/Fitria Madia

Dalam 3 bulan terakhir, BPOM telah menyita berbagai merek kosmetik di daerah Jakarta dan Serang. Beberapa merek produk kosmetik yang ditemukan dan diduga kuat mengandung bahan terlarang adalah Temulawak Two Way Cake, New Papaya Whitening Soap, NYX Pensil Alis, MAC Pensil Alis, Revlon Pensil Alis, Collagen Plus Vit E Day and Night Cream, Cream Natural 99, SP Whitening and Anti Acne, Quine Pearl Cream, Citra Day Cream, Citra Night Cream, serta La Widya Temulawak.

"Beberapa temuan tersebut merupakan merek yang dipalsukan," kata Penny. 

Baca Juga: BBPOM Ungkap Kosmetik, Jamu, dan Pangan Ilegal Senilai Rp3,1 Miliar

3. Kenali ciri-ciri kosmetik berbahaya

Sasar Millennials, Waspada Bahan Kosmetik Berbahaya IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kosmetik berbahaya biasanya memberikan efek instan, misalnya memutihkan (skin bleaching), mengencangkan kulit, dan bebas keriput (anti wrinkle) dalam waktu singkat.

Beberapa jenis bahan berbahaya yang dilarang dan kerap disalahgunakan di antaranya hidrokinon (pemutih wajah), As. Retinoat (pemutih wajah dan anti jerawat), golongan kortikosteroid (day cream, night cream, lightening cream), ketokenazole (shampo anti ketombe), vitamin K dan D (anti wrinkle), antihistamin (anti jerawat), dan para amino benzoid acid (tabir surya/sunblock).

Hati-hati ya, periksa dulu kosmetik yang kamu beli. Jangan sampai beli yang palsu!

Baca Juga: BPOM: Susu Kental Manis Bukan Susu, Jangan Diberikan Kepada Bayi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya