Comscore Tracker

Visa Sudah Habis, Rizieq Shihab Masih Tinggal di Arab Saudi

Rizieq tidak dideportasi maupun diberikan sanksi

Jakarta, IDN Times - Visa Rizieq Shihab dinyatakan telah habis per 21 Juli 2018. Namun, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut masih diizinkan tinggal di Arab Saudi.

1. Rizieq Shihab dinilai tidak menimbulkan masalah selama tinggal di Arab Saudi

Visa Sudah Habis, Rizieq Shihab Masih Tinggal di Arab SaudiIDN Times/Indiana Malia

Duta Besar Arab Saudi Osama Muhammad Abdullah Al Shuhaibi enggan berkomentar terkait izin tinggal Rizieq Shibab di Arab Saudi. Hingga kini, Rizieq tidak dideportasi maupun diberikan sanksi. 

"Berkaitan dengan izin tinggal dan informasi lainnya yang berkaitan dengan Habib Rizieq, kalaulah seandainya Habib Rizieq memiliki masalah di Kerajaan Arab Saudi, tentu dia sudah dipenjara. Namun kita lihat Habib Rizieq dalam hal ini masih dijamin kehidupannya, diperhatikan kehidupannya, baik oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi," kata Osama usai melakukan kunjungan ke kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/11).

Baca Juga: Pulang ke Tanah Air, Ini Syarat yang Diajukan Rizieq Shihab

2. Rizieq Shihab tinggal di Arab Saudi dengan dana pribadi

Visa Sudah Habis, Rizieq Shihab Masih Tinggal di Arab SaudiIDN Times/Indiana Malia

Osama juga enggan berkomentar secara tegas mengenai sumber dana yang digunakan Rizieq Shihab untuk tinggal di Arab Saudi. Menurut dia, Rizieq menggunakan dana pribadi.

"Kami tidak mengatakan ada pendanaan, tapi Habib Rizieq secara pribadi orang yang mampu dan cukup baik secara finansial. Beliau memiliki (uang) cukup untuk menghidupi dirinya sendiri, tidak dibiayai," kata dia.

3. Rizieq Shihab dinilai bukan sosok menakutkan

Visa Sudah Habis, Rizieq Shihab Masih Tinggal di Arab SaudiIDN Times/Indiana Malia

Osama menampik jika Pemerintah Saudi dianggap takut terhadap Rizieq Shihab. Menurut dia, Rizieq Shibab bukan sosok menakutkan.

"Saya kira Habib Rizieq bukan sosok yang menakutkan. Kalau beliau melakukan pelanggaran, tentu sudah dilakukan proses hukum sebagaimana di Saudi atau pun di Indonesia, dan Habib Rizieq tidak ada masalah baik di Indonesia ataupun Saudi," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Rizieq diperiksa oleh polisi Saudi karena memasang bendera dengan kalimat tauhid di rumahnya. Menurut keterangan tertulis yang diberikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, polisi Mekkah dan Mahabis Ammah (intelijen umum) mendatangi kediaman Rizieq pada Senin (5/11) sekitar pukul 08:00 waktu setempat. Hal itu lantaran diketahui ada pemasangan bendera berwarna hitam yang mengarah ke ciri-ciri gerakan ekstremisme di bagian belakang rumah. 

Dalam keterangannya, Dubes Agus juga menyebutkan, Rizieq akhirnya dilepas dari tahanan setelah memberikan uang jaminan. Proses pembebasan itu terjadi pada Selasa (6/11) sekitar pukul 20.00 dengan didampingi staf KJRI di Jeddah.

Baca Juga: Rizieq Shihab Diperiksa Terkait Bendera Tauhid, Ini Kata Dubes Saudi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You