[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuber

Penghasilan Jovial kini ratusan juta rupiah!

Jakarta, IDN Times - Menjadi social media influencer itu ternyata butuh perjuangan panjang dan tidak selalu berjalan mulus. Itulah yang dirasakan oleh Jovial da Lopez, salah satu kreator YouTube yang kian naik daun karena konten-konten kreatifnya.

Saat ditemui IDN Times di kediamannya beberapa waktu lalu, Jovial blak-blakan mengenai awal kariernya sebagai YouTuber hingga bisa melebarkan sayap seperti sekarang.

Penasaran kayak apa sih suka-duka menjadi seorang kreator? Berapa penghasilan yang didapat dari membuat konten kreatif? Yuk, simak wawancara IDN Times bersama Jovial da Lopez!

1. Hai, Jo. Lagi sibuk apa nih?

Akhir-akhir ini paling menjalankan kontrak-kontrak yang udah ada, sama bikin video YouTube sih yang tanpa kontrak. Jadi yang bener-bener dari keinginan kita sendiri, jadi kita lumayan beruntung sih. Kita udah ada di mana kontrak jangka panjang karena kita udah sering dapet kontrak jangka panjang.

Kalau dulu di awal-awal suka dapet kontrak yang 1 video lepasan gitu kan, terus 1 video, sekarang udah kayak ‘Ooo kalian dikontrak 6 bulan, satu tahun gitu, ya udah ada kayak secure ke depan, dan lebih ketahuan nih tahun ini kita ngapain aja gitu. Dan sekarang itu gue juga lagi menunggu kepastian film sih lebih tepatnya. Film ini harusnya keluarnya tahun 2016-2017, tapi malah jadi keluarnya tahun depan.

Baca Juga: [Wawancara Eksklusif] Wushu Ternyata Bikin Lindswell Kwok Awet Muda

2. Gimana sih cara kamu mengelola kesibukan dan bagi waktu antara pekerjaan, keluarga, hobi, dan lainnya?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberunsplash.com/@pawel_czerwinski

Gue sangat berterima kasih kepada google kalender. Siapa pun yang membuat ini sangat jenius.

Itu jadi lebih terorganisir lah. Kalau dulu tuh sering banget janjian, tiba-tiba gak ketemu karena emang ada kerjaan di hari itu. Jadi harus hapal, dan sekarang ada google kalender kan kelihatan gitu, terus kayak mau nongkrong mau nonton aja sekarang mesti dimasukin (google kalender). Sedih sih, masa sih untuk temen mesti dijadwalin sih. Tapi emang harus kayak gitu. Kalau gak ya bakal lupa.

3. Apa sih prioritas utama yang ingin kamu capai dalam kehidupan, 5-10 tahun mendatang?

Sempet kepikiran sih mau S2, tapi kalau prioritas utama mungkin...apa ya...kalau prioritas utama kita tuh pertama punya aset, jadi kayak punya perusahaan. Di perusahaan kita punya karyawan, terus kita gaji mereka 2–3 tahun ke depan supaya kita bisa tetap terus berkarya. Itu sih prioritas kita.

Ehmm, kalau dari saya pribadi mungkin saya beli rumah hahahha. Tapi ya itu aja sih prioritasnya, sama bikin karya yang lebih besar, soalnya semakin banyak orang masuk di YouTube, YouTube jadi biasa aja sih. Semua orang buat YouTube, ya harus buat sesuatu yang lebih dari YouTube.

4. Apa sih hal yang paling kamu khawatirkan di masa depan? Kenapa?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberPixabay

YouToube! Karena makin ke sini, bikin konten tuh makin gampang, dan orang makin terkenal dengan konten yang makin gampang. Kayak gini, dulu tuh untuk terkenal di YouTube, kita tuh terkenal karena ide kita yang keren atau sesuatu yang keren.

Kalau sekarang tuh semuanya, kayak 'mereka terkenal karena kebodohan,' jadi anak-anak kecil ngelihat cara mereka terkenal, mereka terinspirasi nih, ‘ohhhh secara saya mau terkenal dan punya banyak uang di YouTube itu tuh kayak begini nih’. Ya udah semuanya kayak gitu.

Nah itu mengkhawatirkan. Soalnya gini, kalau zaman-zaman YouTuber pertama nih kita gak ada yang menginspirasi kita, jadi kita tuh di YouTube untuk berkarya. Karena mungkin karya kita tuh gak diterima di TV, karya kita gak diterima di apa, tapi kita berusaha berkarya yang proper, yang bisa masuk ke apa itu.

Nah kalau makin ke sini makin aneh gitu, kayak ada orang joget 7 detik bisa terkenal, apa sih? Kayak untuk menjadi terkenal itu makin menjadi gampang dan makin bodoh, itu aja. Jadi makin instan aja.

5. Siapa sih tokoh atau figur yang menginspirasi kamu?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberSon Goku di Anime Dragon Ball (Pixabay)

Kalau gue ada tiga sih, tapi gak ada yang kreator masalahnya. Jadi kantor kita tuh di rumah Andovi (saudara Jovial), orang ini kita lukis ada 3 orang, ini aneh. Pertama, Songoku. Kenapa? Karena dia gak pernah nyerah, lawan dia seberat apa pun dia gak pernah nyerah, itu Son Goku.

Yang kedua, kenapa nama kita SkinnyIndonesia twentyfour? Nah, 24 itu dari nomor Kobe Bryant, pemain basket. Pemain basket ini gak pernah pindah tim, walaupun timnya lagi gak jago dia tetep loyal. Walaupun tim lain mau narik dia dan ngontrak dia dengan harga semahal apa pun, itulah loyalitas.

Dan yang terakhir itu ada, ini semua orang tahu lah, Mahatma Gandhi. Tiga orang ini kita lukis di rumah temboknya Andovi. Dan Gandhi itu kenapa ya, karena dia selalu melawan kejahatan dengan damai, dan menghindari orang dari kekerasan. Udah itu aja.

6. Kalau social media influencer favoritmu siapa?

Kalau di Indonesia jujur dari dulu tuh Chandra Liow, karena dia dari awal mulainya. Dia kayak... , saya ketemu orang bikin film, orang juga kadang-kadang lihat Chandra Liow bikin YouTube. Orang ngelihatnya kayak wow, tekniknya lumayan. Kalau yang lain … soalnya kalau lihat yang orang lain bikin, ‘Ah, saya juga bisa buat kayak gitu’. Ya udah jadi gak spesial. Tapi kalau kita ngelihat sesuatu, kayak kita gak mungkin nih bisa bikin kayak begini. Itu pasti kayak wow ini orang panutan.

7. Selera musik yang disuka?

Selera musik hip-hop, metal. Gue punya full dics colletion metallica lengkap. Iya lengkap, saya pilih metal sama hip-hop, bingung kenapa sih hehehe, tapi orang sih jarang denger metal, sedih saya.

8. Seberapa sering bikin vlog di YouTube?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberInstagram/jovialdalopez

Awal-awal mah seenak kita sih kapan pun, kalau sekarang lumayan minimal 2 lah sebulan. Minimal 2 maksimal gak ada.

9. Bisa diceritain gak awal mula berkreasi di YouTube sampai jadi social media influencer begini?

Jadi ini dimulai sejak tahun 2000-an, kalau gue mulai tahun 2012, adek gue mulai 2011. Ya adek gue nyanyi-nyanyi di YouTube gak jelas, ya iseng lah. Dia nyanyi waktu di India, ya orangtua tuh diplomat, jadi dia ikut mama ke India, gue di Indonesia. Saya kuliah, dia ke India.

Nah, di India dia bikin channel gitu, nyanyi-nyanyi, iseng aja. Itu kenapa namanya SkinnyIndonesian24, karena temen dia orang India. Dia mau ngasih tahu kalau 'gue orang Indonesia'. Ya, kan temen-temennya di situ orang India, sekolah internasional sih tapi temen-temennya orang India lah. Nah udah, dia balik ke sini, dia dapet tugas satu, dia keterima di UI, dia dapet satu tugas untuk bikin video kampus. Jadi UI tuh dulu ada tugas untuk mahasiswa baru, bikin video apa pun tentang kampus UI.

Dia bikin satu sketsa, '10 tips buat masuk UI'. Nah dia buat itu, setelah gue ngelihat itu, gue ngerasa nih, kok selera humor kita sama ya. Kakak adek padahal perbedaan kita empat tahun, gue ngerasa selama ini pergaulan gue kan beda ya. Ooh tapi ini selera humor kita sama, akhirnya sketsa-sketsa berikutnya gue masuk. Udah di situ dibentuk.

Nah, setelah gue masuk sketsa pertama nih, which is modus, itu langsung dikontak sama Raditya Dika, jadi satu sketsa sama Bang Radit untuk disuruh gabung Malam Minggu Miko, disuruh nulis untuk Malam Minggu Miko, bukan main. Disuruh nulis, diajak ketemuan, pas ngobrol, tiba-tiba besoknya ditelepon, si Andovi, dibilangnya ‘Mau gak kamu main di Malam Minggu Miko? Nah ujungnya Dovi main, gue juga kadang-kadang main, lima episode. Tapi gue nulis lebih banyak dari Andovi di Malam Minggu Miko. Dari situ kita tetep aktif YouTube kita, itu tahun 2012-2013 kan. Sampai 2015 kita dikasih film oleh Starvision berjudul YouTubers, itu nulis sendiri ya, jadi bukan mereka tulisin. Ditulis sendiri, dibikin sendiri. Dan kebetulan kita YouTubers pertama yang bikin script sendiri, nulis sendiri, itu kita.

Setelah kita itu ada Bayu Skak, Yowis Ben tuh butuh dua tahun. Kita, YouTubers, Modus, terus Yowis Ben tuh tahun lalu ya 2017 ya, sekarang Kevin Hanggara baru mau bikin film, berjudul Generasi Micin atau apa gitu saya lupa judul persisnya. Itulah perjalanan, tapi sekarang jauh lebih instan sih, tapi inilah perjalanan. Kalau perjalanan zaman dulu lama gitu.

10. Dukungan keluarga gimana?

Keluarga gak pernah gak ngedukung sih, cuma mereka kayak mikir ‘Kamu ngapain dengan hidup kamu? (mainan YouTube)'. Ngeliat latar belakang pendidikan, kita coba liat ke pendidikan nih ya, aduh ini... misalkan ini kita gak didik untuk ini atau emang kita abis SMA bingung, ngapain terus terjun kayak gini ya? Kan kita udah dibentuk nih sama universitas kita untuk ke mana itu aja bikin aneh sih. Tapi setelah beberapa video unjungnya malah mama papa kayak 'ya udah lanjut aja'.

11. Apa keuntungan dan tantangan atau risiko menjadi social media influencer?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberInstagram/Jovialdalopez

Tantangan dari awal ya. Pertama tuh dianggap remeh sih. Jadi kalau sekarang tuh influencer ke mana-mana kayak, “Duh gue selebgram, duh gue punya followers tiga ribu gue selebgram”. Kalau dulu tuh karena bener-bener gak ada orang di sini, jadi ini orang anggep industri BO, sesuatu yang nggak ada, jadi ngapain lo masuk situ. Jadi dianggap bercanda, dianggap apa.

Nah kita nih yang diawal-awal nih kayak Chandra Liow, kita, Cameo, nih kerjaan kita nih harus ngebuktiin ke orang tuh kayak, “Eh di sini tuh juga ada bisnisnya, ada uangnya, ada apanya”. Sebenernya orangtua awalnya juga bingung, Andovi kan kuliah hukum, lulus. Gue kuliah fisika nuklir, lulus. Ngapain ujung-ujungnya bikin video berdua, gitu kan, ngapain? Kita juga sebenarnya gak mau ide bikin video, sampai tiba-tiba tahun 2012 akhir, 2013 itu ada yang kasih kita uang buat bikin video. Bukan investor, tapi brand.

Kalau tantangan sekarang itu, bagaimana cara video kita tetap ditonton. Itu dia. Kalau creator itu kalau semakin dewasa, itu pasti.

Kayak gini, Andovi itu mulai umur 17, sekarang dia umur 24. Masalah Andovi di umur 17 dan di umur 24 pasti berbeda. Tetapi karena Andovi terkenal di umur 17-18, orang tuh kayak ingin dapet saingan Andovi ketika di umur muda. Sedangkan sekarang tuh hidupnya berbeda, masalahnya berbeda. Sedangkan saya sama Andovi tuh bener-bener YouTuber kalau bikin sketsa tuh dari keresahan, jadi kita jarang banget ambil topik dari yang trending.

Kalau mau jadi YouTuber yang ambil topik dari trending, kontennya gampang, apapun yang masuk ke LINE Today, 3 jam kemudian bikin aja video tentang konten itu apa susahnya. Nah kalau kita tuh dari keresahan, tapi kita juga sadar, ego kita gak boleh setinggi gitu dan berharap semua orang mengerti keresahan kita.

12. Berapa banyak konten yang kamu buat per hari/per minggu?

Random aja.

13. Apa saja tema konten yang kamu buat di social media?

Temanya itu kebanyakan, mungkin ini orang bilangnya komedi ya tapi anehnya sendiri ya kita gak anggap itu komedi murni. Jadi orang anggapnya komedi, tapi kalau kita anggapnya satire.

Jadi sebagai contoh kita pernah bikin video tentang modus, itu orang nonton nangkepnya tentang cara cowok buat modusin cewek, namun sebenernya kita buat ini karena maksudnya adalah 'Kenapa setiap interaksi antara cowok dengan cewe itu dianggap modus?'.

Jadi misalkan dia tiba tiba nanya, 'eh elo pulang ke arah mana?'. Padahal cuma nanya tanpa maksud, terus kayak orang ngelihat dari jauh kayak 'wah ini cowok modus ini orang'. Nah interaksi apa pun antara elo aja nih, itu dianggap modus. Nah kita buatnya kayak gitu. Tapi entah kenapa ya, pasar nih ya, kan beda ya ada pasar ada creator, pasar tuh nangkepnya komedi banget.

Jadi kalau dari kita sendiri sih satire, tapi kebanyakan orang golongin kita komedi.

14. Berapa banyak income yang kamu dapatkan dari social media?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberIlustrasi rupiah (ANTARA FOTO)

Total dari brand dan gak brand, awal-awal aja … saya lebih inget sekarang sih. Tapi sejujurnya kalau sekarang dari gabungan ya gue gak mau ngomong berapa dari berapa dari ini.

Kalau gabungan ya jujur, ya udah nyampe ratusan juta sih, per bulan. Itu dari YouTube, dari off air, itu digabungin jadi satu sih. Kalau awalnya itu dimulai kayak sejuta, dua juta.

15. Apakah kamu memiliki target untuk terus menggeluti sosmed influencer?

Ada. Saya sama Andovi tuh baru bikin PT, bikin PT untuk di bidang entertaiment. Nama PT-nya Sumber Kreativitas Indonesia. Ya kita ini sadar, ya kita orang yang juga bisa membuat iklan-iklan seperti itu. Kan selama ini kita dikasih brand bikin iklan di YouTube, tapi kadang-kadang iklan kita dibuatkan orang lain.

Setelah 3-4 tahun kita ngelihatin orang buatin iklan, kenapa kita gak jadi mereka aja, ya kan? Kenapa gak brand ngasih kita, kita yang nyari influencer-influencer ini. Kita yang bikin iklan untuk mereka. Alatnya udah ada, skill-nya udah ada, ya kenapa enggak? Suatu hari gue sama Andovi kayak mikir dan ngelihat kenapa gak kita aja yang buat iklan untuk brand A, brand B, brand C.

Nah, tapi kan brand gak bisa bikin iklan kalau gak ada sebuah badan hukum yang tetap, makanya itu kita bikin PT. Pembuatan PT di Indonesia itu ribetnya minta ampun ya Allah...

16. Apakah modal utama yang perlu dimiliki oleh social media influencer?

Sebenernya tekad aja sih. Maksudnya gini, ini yang selalu kita omongin saat talkshow, talkshow, setiap orang itu mau instan. Jadi kalau kita ngambil contoh Fathia Izzati. Video yang dia buat itu meledak setelah 3 tahun dia bikin. Jadi dia ada video sekarang melebihi 10 juta viewers, namanya twentyone aksen. Video itu dibuat tahun berapa ya? Tahun 2013 – 2014 meledaknya di 2017.

Ya itu kesabaran karena kita gak bisa berharap kalau kita terkenal secara instan. Sedangkan semua orang berharap gue bikin sesuatu, besok gue terkenal. Ya sabar aja sih dan berkarya dengan jujur aja deh. Soalnya kalau gak jujur tuh ga tahan lama, itu aja sih. Harus jujur dan memiliki maksud.

Hal yang harus dihindari, kesombongan itu pasti. Tapi sumpah banyak orang yang dijauhi karena terkenal dikit menganggap, orang bilangnya kayak star syndrome gitu kan. Itu orang kayak gitu nyebelinnya minta ampun gitu. Ya itu sih, ya stay humble aja sih, stay humble. Tetep inget perjuangan kita dari awal itu kayak gimana.

17. Apakah kamu juga menggunakan media social untuk media campaign?

Sering. Kita baru bikin beasiswa. Jadi untuk merayakan 1 juta subscribe kita, kita, which is tahun lalu kita bikin Beasiswa Da Lopez. Dan kita tergerak karena waktu itu Pak Jokowi pernah interview satu anak, ditanya “Kamu mau jadi apa?”. Dia bilang “Jadi YouTuber”. Dan kita denger itu kita kesel. Aduhh.. dan banyak hal anak sekarang kayak, “Saya mau jadi YouTuber, saya mau jadi YouTuber”. Ngapain sih? Kayak ada banyak banget pekerjaan di dunia ini. Kayak “Kenapa kamu harus menjadi seorang YouTuber?”.

18. Kalau dia bilang “Mau kayak Jovial” gimana?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberIDN Times/Indiana Malia

Ada satu dua ngomong gitu. Nah, kita denger gitu sebenernya seneng, tapi juga sedih. Kayak “Kenapa kamu gak mau jadi arsitek? Kenapa kamu gak mau jadi dokter? Kenapa kamu gak mau jadi apalah? Kerja di media?”. Apapun lah.

Makanya kita bikin beasiswa untuk mendorong orang ngejar pendidikan. Dan kita ngasih beasiswa, dan kita ngasih ke tiga orang. Fakultas kedokteran satu, fakultas ... saya lupa namanya, saya lupa sisanya, saya ingetnya fakultas kedokteran, tata kota ya, ilmu kota? Pokoknya ada tiga deh, nanti saya cek deh, ada tiga itu saya ngasih. Itu saya sama Andovi dari uang itu yang tadi jumlahnya berapa, ada beberapa kita sisihin itu untuk bener-bener untuk pendidikan orang, karena kita kesel denger anak mau jadi YouTuber.

19. Ada kuotanya gitu gak? Per tahun berapa orang?

Itu kita baru bikin sekali, tapi setelah kita baru bikin sekali, banyak orang kenapa gak bikin tahunan? Jadi kita mau cari-cari orang lain, supaya lingkupnya luas juga. Persyaratan penerima beasiswanya ya anak tidak mampu, itu doang sih. Itu bener-bener harus orang yang tidak mampu. Dari universitas negeri, kalau swasta terlalu mahal.

20. Selama ini apakah social media yang paling aktif kamu gunakan?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberInstagram (Pixabay)

Yang selalu gue lihatin sih Instagram pasti ya. Kalau selain itu Twitter. Facebook lagi tahun-tahun politik jadi feed-nya lagi rada repot, semuanya ngomongin politik. Kalau Path udah bye-bye. Kalau Twitter masih seru banget sih, masih seru. Twitter tuh sempet mati, terus sekarang hidup lagi, gak tahu kenapa. Iya sempet mati bentar, terus ngetwitt idup tuh, iya.

21. Suka traveling gak? Berapa kali biasanya berlibur keluar kota atau luar negeri dalam setahun?

[WAWANCARA EKSKLUSIF] Suka Duka Jovial da Lopez Jadi YouTuberInstagram/Jovialdalopez

Ke mana ya. Saya dari kecil kebetulan mama itu diplomat. Jadi udah ikut kemana-mana aja, udah muter. Iya udah kenyang, tapi kalau destinasi impian, aneh sih ini bakal aneh, pengen banget ke Antartika sih. Soalnya ada temen aneh, pernah menikah di Antartika. Jadi aneh banget emang. Biaya per orang, ini emang gila sih, dia juga tajir orangnya. Biaya per orang 25ribu dollar, jadi dia cuma terbangin 5 sampai 20 temennya, terus dia ke Argentina, Buenos Aries, turun naik pesawat lagi, ke ujung selatan Argentina terus abis itu naik kapal. Suatu saat kapalnya gak bisa dibuka lagi karena super dingin. Antartika, udah abis itu menikah di antartika, 2 jam haha hihi foto-foto abis itu balik, tapi ya katanya itu pengalaman terbaik harus dicoba. Penasaran sih hehe.

22. Lebih senang liburan spontan dan singkat seperti weekend getaway atau liburan panjang yang direncanakan dari jauh hari?

Spontan. Karena kalau direncanakan, itu ngalangin job hehehhe. Saya mau liburan tanggal 10 sampai 14 Oktober, tiba-tiba ada orang email boleh ga kak bikin video tanggal segini, aduh. Emang bisa ditolak, tapi kadang eh ini libur 3 hari yuk kemana, pas kosong aja gitu hehhehe.

Baca Juga: [WAWANCARA] Pendiri Warunk Upnormal Bicara Keseharian Hingga Politik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya