Kota Modern Anti Macet ala New York di Meikarta

Seperti apa, ya?

Apa yang paling mewah di Jakarta? Apakah gedung-gedung pencakar langit tinggi? Atau butik-butik mewah? Sebetulnya, yang paling mewah adalah ketiadaan macet di Jakarta. Jalanan yang lancar dan lengang hanyalah ada saat lebaran atau tengah malam saja.  

Begitu pula kota-kota di sekitar Jakarta, terutama di akhir minggu. Alih-alih bisa menikmati weekend, kita justru malah kelelahan di jalan. Hal ini berpengaruh pada performa kita saat bekerja pada Hari Senin. 

Menyelesaikan masalah kemacetan di kota Jakarta sudah sangat sulit karena tata kota telah terbangun selama bertahun-tahun. Satu-satunya cara, ya membuat alternatif kota lain selain Jakarta, tak jauh dari Jakarta. Dan hal itu tengah diwujudkan oleh Lippo Group dengan pembangunan Meikarta. 

Anti kemacetan ala New York di Meikarta

Kota Modern Anti Macet ala New York di Meikartathenypost.com

Jalanan di Jakarta menjadi sangat macet bukan hanya karena volume kendaraan, tetapi juga sistem jalan yang sudah lama terbangun. Hal ini pun menjadi sebuah hal yang dipikirkan matang oleh Lippo Group selaku pengembang. 

Di Meikarta, lebih 100 ribu unit apartemen terjual di Meikarta, dan masih panjang antrian peminat untuk tinggal di sana. Sebuah hal yang potensial menimbulkan macet, tetapi hal ini tidak akan terjadi karena sistem lalu lintas yang menggunakan grid system layaknya kota New York. 

Ya, kota itu sering dijuluki sebagai kota yang tidak pernah tidur. Namun kemacetan di New York tidaklah parah berkat adanya sistem grid. Sistem ini memungkinkan semua tujuan bisa dicapai lewat berbagai rute, sesuai dengan kondisi lalu lintas yang ada atau selera pribadi. 

Untuk bayangan sistem grid ialah sebagai berikut: ada jalan-jalan  utama, yang di New York biasa disebut avenue, dan berlaku dua arah. Di sekitar avenue ini ada pusat perbelanjaan dan jajan, serta berbagai kegiatan bisnis lainnya. Namun tidak akan menimbulkan kemacetan, karena jalan besar ini terkoneksi dengan jaringan jalan yang menghubungan blok-blok bangunan yang ada di Meikarta, termasuk bangunan apartemen. 

Bukan hanya tata jalan, ada pula pengaturan bagi masing-masing jalan

Kota Modern Anti Macet ala New York di Meikartathenypost.com

Kecepatan masing-masing jalan diatur menjadi cepat, sedang, dan pelan. Tujuannya adalah agar kendaraan yang melaju cepat tak terganggu dengan yang lebih pelan, demikian sebaliknya. 

Belum selesai sampai di situ, di Meikarta juga akan dibangun jalan raya empat tingkat. Tingkat teratas khusus untuk pejalan kaki agar bisaberjalan-jalan dengan aman dan nyaman. Di bawahnya,ada jalan khusus untuk tamu yang ingin menikmati fasilitas fasilitas umum dan sosial di Meikarta. 

Nah, di bawahnya lagi ada jalan khusus untuk penghuni Meikarta. Jalan ini juga dilengkapi tempat parkir pribadi yang disediakan bagi para penghuni. Pembangunan jalan empat tingkat ini tidak hanya membuat Meikarta menjadi aman dan nyaman bagi penghuni sekaligus tamu, tetapi jelas, bebas macet dan masyarakat tak akan berdesak-desakkan. 

Sebuah hal yang cukup solutif melihat sebuah kota modern, terhubung dengan ibukota dan kota lain dengan cepat, dekat dengan kawasan bisnis dan hiburan, tetapi juga bebas macet. Nah, bila kamu ingin merasakan terobosan ini, kamu bisa mencari informasinya di sini.

Topik:

Berita Terkini Lainnya