Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpul

Gedung Joang 45 melambangkan perjuangan para proklamator

Jakarta, IDN Times - Joko “Jokowi” Widodo bersama Ma’ruf Amin mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres pada 2019 ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat pada Jumat (10/8). Sebelum akhirnya beranjak menuju ke area Jalan Imam Bonjol, Jokowi-Ma'ruf bertemu lebih dulu di Gedung Joang 45. 

Dari pantauan IDN Times pagi tadi, Gedung Joang tidak hanya dipenuhi oleh pemimpin partai politik koalisi Jokowi, ratusan relawan juga ikut hadir dan memakai seragam bernuansa putih. Selain itu, terlihat berbagai atribut seperti bendera dan spanduk dukungan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Jokowi kemudian memberikan sambutannya sambutan dan mengenalkan kembali Ma'ruf ke publik. Ia mengawali sambutan dengan memberi alasan mengapa ia memilih Gedung Joang 45 sebagai titik berkumpul dan relawan sebelum menuju ke KPU. 

Lalu, apa alasannya? 

1.Jokowi-Ma’ruf diantar oleh ketua umum partai pengusung

Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpul(Joko Widodo dan Ma'ruf Amin didampingi partai politik koalisi) IDN Times/Irfan Fathurohman

Jokowi-Ma’ruf Amin mendaftar ke KPU diantar bersama ketua umum dan sekjen partai koalisi. Beberapa terlihat sudah datang sejak pagi, seperti Ketua Umum dan Sekjen PDI, Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto. Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

Acara arak-arakan Diawali dengan penandatanganan dokumen persyaratan pendaftaran oleh Jokowi-Ma’ruf Amin. Selanjutnya, Jokowi memberi sambutannya.

Baca Juga: Sebelum Daftar ke KPU, Jokowi Sungkem pada Ibunya

2.Gedung Joang adalah tempat perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta

Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpul(Capres petahana Jokow Widodo bersama Ma'ruf Amin tiba di Gedung KPU) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Jokowi dalam sambutannya memberi alasan mengapa dirinya memilih Gedung Joang 45 sebagai tempat pertemuan bersama partai pengusung dan relawan yang akan menuju KPU.

“Saya bersama Prof Ma’ruf Amin dari Gedung Joang 45 akan mendaftarkan diri menuju ke KPU. Di masa lalu, gedung ini adalah tempat para pejuang politik kita Bung Karno, Hatta digembleng dari sisi politiknya,” ucap Jokowi. 

3. Gedung Joang 45 untuk mewakili perjuangan para pemuda

Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpul(Capres petahana Jokow Widodo bersama Ma'ruf Amin tiba di Gedung Joang) IDN Times/Irfan Faturohman

Ia juga menuturkan Gedung Joang 45 adalah representasi perjuangan para pemuda pada saat merebut kemerdekaan Indonesia.

“Lewat Gedung Joang 45 ini mewakili perjuangan para pemuda yang “menyala” untuk merebut kemerdekaan," kata Jokowi.

4. Gedung Joang 45 dijadikan titik awal perjuangan

Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpul(Joko Widodo dan Ma'ruf Amin berdoa bersama pemimpin partai koalisi) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jokowi juga menyebut Gedung Joang 45 dipilih sebagai titik awal untuk memulai perjuangan dalam perjalanan menuju perubahan untuk memenuhi dan mengisi kemerdekaan. Perjuangan yang telah ia mulai sejak empat tahun lalu, ia lanjutkan kali ini bersama Ma'ruf Amin.

“Perjalanan kami berdua, disertai partai pendukung pengusung ingin meneruskan jalan perjuangan yang telah dimulai pada empat tahun yang lalu yakni perjalanan menuju Indonesia maju,” katanya lagi.

5. Jokowi menilai Ma'ruf Amin sosok cawapres yang tepat

Ini Alasan Jokowi Memilih Gedung Joang 45 Sebagai Titik Berkumpulhttp://rilis.id/

Dalam mengawali perjuangannya, Jokowi mengaku yakin memilih Ma’ruf Amin sebagai figur untuk mendampinginya menjadi cawapres periode 2019-2024.

“Saya yakin Prof Kh. Maruf Amin adalah figur yang tepat untuk memdampingi saya menuju jalan perubahan itu. Beliau adalah sosok yang utuh, ulama yang bijaksana, ulama yang dihormati umat islam di seluruh Tanah Air,” kata dia.

Baca Juga: Jadi Cawapres Jokowi, Begini Komentar Ma'ruf Amin

Topik:

Berita Terkini Lainnya