Comscore Tracker

Mengungkap Peran Hadhrami dari Tradisi Ziarah di Indonesia 

Habib Kuncung juga berasal dari Hadramaut

Depok, IDN Times - Seorang pembicara dalam Festival Hadhrami yang digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (26/4), Yasmin Zaky Shahab, mengatakan Habib Ahmad bin Al-Haddad atau yang lebih dikenal dengan nama Habib Kuncung berasal dari Hadramaut.

1. Habib Kuncung berasal dari Tarim

Mengungkap Peran Hadhrami dari Tradisi Ziarah di Indonesia IDN Times/Linda Juliawanti

Makam Habib Kuncung berada di Kalibata, Jakarta Selatan. Makam ini selalu ramai diziarahi. Namun tak banyak yang tahu jika Habib Kuncung berasal dari sebuah tempat bernama Tarim.

Tarim, kata Yasmin, dikenal sebagai kota dengan seribu masjid dan seribu ulama. Kota yang berlokasi di Hadramaut ini termasuk tempat yang sakral karena di sana terdapat makam Nabi Hud, sekitar 80 km dari kota Tarim.

“Nah Habib Kuncung itu berasal dari sana (Tarim) dan menyebarkan agama Islam di Indonesia,” ungkap Yasmin.

Baca juga: Hina Nabi Muhammad, Pria Mojokerto Diciduk Polisi

2. Hadramaut bukan tujuan ulama Indonesia belajar agama 

Mengungkap Peran Hadhrami dari Tradisi Ziarah di Indonesia IDN Times/Linda Juliawanti

Yasmin mengatakan meski banyak ulama Hadhrami menyebarkan Islam di Indonesia namun ulama Indonesia sendiri lebih suka belajar Islam ke Mekkah.

Ia menyebut Syaikh Al-Mashri Al-Batawi, Junaid Al-Batawi, Mujtaba bin Ahmad Al-Batawi, KH. Ahmad Marzuki, KH. Muhammad Mansur, KH. Abdul Madjid belajar Islam ke Mekkah bukan ke Hadramaut.

“Saya gak tahu kenapa itu terjadi, padahal orang Hadhrami di Indonesia, anak-anaknya pasti dikirim ke Hadramaut untuk belajar Islam di sana,” ucap Yasmin.

3. Ziarah memperkuat hubungan tokoh agama dengan pengikutnya

Mengungkap Peran Hadhrami dari Tradisi Ziarah di Indonesia IDN Times/Vanny El Rahman

Dari pengamatan di makam Habib Kuncung, Yasmin menyebutkan jika ziarah dan haul bisa mempertahankan ikatan emosi antara yang diziarahi dengan peziarah. Ziarah juga menunjukan rasa cinta masyarakat terhadap tokoh yang diziarahi.

Selain itu Yasmin juga menyebutkan jika tradisi ziarah ke makam para Habib menunjukan besarnya peran Hadhrami dalam penyebaran Islam di Indonesia.

“Tradisi ziarah telah merekam peran Hadhrami dalam penyebaran dan penyiaran islam di Indonesia,” tutup Yasmin.

Baca juga: Mengapa Seorang Habib Begitu Dicintai?

 

 

Topic:

Just For You