Menteri Susi Ajak Mahasiswa UI Menghadap ke Laut pada 19 Agustus

Ada apa ya guys?

Depok, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) mengikuti aksi nasional bertema Menghadap ke Laut pada 73 Titik, pada 19 Agustus 2018, yang mencakup kegiatan bersih-bersih di sekitar wilayah perairan nasional.

"Gerakan Pandu Laut Nusantara ingin mempersembahkan aksi nasional yang sudah diidentifikasi ada sebanyak 73 titik, namun bukan berarti kawan-kawan lainnya tidak bisa melakukan di titik-titik lainnya," kata Susi di Balairung, UI, Depok, Jawa Barat, Senin (13/8).

1. Menghadap laut untuk kepedulian terhadap kawasan perairan

Menteri Susi Ajak Mahasiswa UI Menghadap ke Laut pada 19 AgustusIDN Times/Irfan Fathurochman

Susi menjelaskan gerakan menghadap ke laut bertujuan untuk kepedulian terhadap kawasan perairan, dengan cara memunguti sampah di kawasan pesisir, serta memperingatkan berbagai pihak mengenai dampak sampah plastik di perairan.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia telah berkomitmen mengurangi sampah plastik di lautan hingga 70 persen pada 2025.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti: Menteri Kelautan dan Perikanan yang Menginspirasi Wanita Muda

2. Susi mengimbau masyarakat agar menghadap ke laut pada 19 Agustus

Menteri Susi Ajak Mahasiswa UI Menghadap ke Laut pada 19 AgustusIDN Times/Irfan Fathurochman

Pada acara orientasi mahasiswa baru UI itu, Susi juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia, agar menghadap ke laut pada 19 Agustus mendatang.

"Saya mengimbau kepada semua bangsa Indonesia, rakyat Indonesia, anak-anak muda Indonesia yang menginginkan Indonesia menuju poros maritim dunia, dan menjadikan laut masa depan bangsa, bersama-sama Pandu Laut menghadap ke laut pada 19 Agustus 2018 jam 15.00 WIB, di 73 titik dan di titik-titik lainnya seperti di sungai boleh, di danau pun juga boleh," kata Susi.

3. Selain Susi, Kaka Slank akan mengikuti aksi nasional

Menteri Susi Ajak Mahasiswa UI Menghadap ke Laut pada 19 AgustusIDN Times/Irfan Fathurochman

Pada 19 Agustus, Susi dijadwalkan berada di Bitung, Sulawesi Utara, untuk menghadiri kegiatan penenggelaman kapal pencuri ikan.

Sementara, pegiat Pandu Laut Nusantara, Kaka Slank akan berada di Makassar, untuk menggerakkan Slankers dan warga membersihkan pantai di sana pada 19 Agustus.

“Yang mau ikut sama Kaka Slank, silakan ikut di Makasar. Yang mau ikut sama saya silakan ke Bitung, nanti sekalian kita tenggelamkan kapal,” pungkas Susi, yang mengundang sorak mahasiswa UI.

Yuk kita ikut bersih-bersih laut kita pada 19 Agustus guys.

Baca Juga: Menteri Susi: Aktualisasi Diri dan Apresiasi Perempuan itu Penting

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya