Polemik Kemenpora Terus Berlanjut, Roy Suryo Pamit dari Demokrat

Demokrat belum memberi tanggapan soal ini.

Jakarta, IDN Times - Polemik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2012-2014, Roy Suryo masih terus berlanjut. Roy dituding Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum mengembalikan aset sebanyak 3.226 unit barang milik negara. 

Sejauh ini, Roy membantah membawa ribuan barang senilai Rp8,51 miliar itu.  

Masalahnya masih terus berlanjut, membuat Roy memilih pamit dari posisinya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

Hal itu disampaikan kuasa hukumnya Tigor Simatupang, kepada IDN Times, Jumat (14/9). Tigor menunjukan surat pernyataan bahwa Roy meminta kepada Demorat untuk menonaktifkan dirinya dari jabatannya.

1. Melalui surat pernyataan, Roy Suryo pamit dari jabatannya

Polemik Kemenpora Terus Berlanjut, Roy Suryo Pamit dari DemokratRoy Suryo (kiri)/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Pengunduran diri itu dituangkan dalam surat yang ditulis pada Rabu (12/9). Dalam salah satu poin dalam suratnya, Roy meminta Demokrat untuk menonaktifkan dia dari jabatannya. Alasannya karena tak ingin polemik ini dikait-kaitkan dengan Demokrat.

Secara rinci ada tiga poin dalam surat tersebut. Pertama, Roy sudah menunjuk kuasa hukum Tigor Simatupang terkait tuduhan membawa aset negara. Kedua, menyatakan mundur dari Waketum Demokrat. Ketiga, tetap bertugas sebagai anggota DPR RI.

2. Kuasa hukum kaget dengan langkah yang diambil Roy

Polemik Kemenpora Terus Berlanjut, Roy Suryo Pamit dari DemokratANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Tigor mengaku kaget dengan langkah yang diambil kliennya. Tanpa menjelaskan alasannya, Roy hanya meminta surat ini disebarluaskan.

“Saya juga kaget, ‘loh ini kenapa mas?’, kata Pak Roy ‘kamu sebar luaskan aja ke wartawan’,” kata Tigor kepada IDN Times.

3. Tigor tidak mau ikut campur soal politik

Polemik Kemenpora Terus Berlanjut, Roy Suryo Pamit dari DemokratIDN Times/Helmi Shemi

Sampai saat ini, Tigor mengaku tidak ikut campur dengan urusan Roy dengan partainya. Tigor akan tetap fokus pada polemik Roy dengan Kemenpora.

“Untuk masalah politik (Roy-Demokrat) saya gak ikut campur tangan, biarin aja lah, bukan bagian saya. Saya akan fokus urusan ke Kemenpora,” tegas Tigor.

Baca Juga: Kemenpora Akan Kirim Surat Tertulis untuk Roy Suryo

4. Mengenai surat pernyataan Roy, belum ada jawaban dari Demokrat

Polemik Kemenpora Terus Berlanjut, Roy Suryo Pamit dari DemokratIDN Times/Helmi Shemi

Selebihnya, Tigor juga tidak menahu soal kapan surat itu disampaikan ke Demokrat, yang jelas surat yang dibuat langsung oleh Roy belum ada pembahasan lebih lanjut dari Demokrat.

“Saya gak tau yah itu surat kapan disampaikan, dan sudah sampai mana, yang jelas belum ada tanggapan dari Demokrat,” ujar dia.

Baca Juga: Roy Suryo Belum Kembalikan Aset Kemenpora? Begini Kronologinya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya