4 Orang Anak Buah Kapolda Jambi Dievakuasi ke Pos Merangin

Setelah itu, korban bakal dilarikan ke RS Bhayangkara

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 4 orang anak buah Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, dievakuasi ke Pos Merangin untuk mendapatkan penanganan pertama pascainsiden helikopter yang ditumpanginya mendarat darurat di kawasan Muara Emat, Jambi. Setelah itu, mereka bakal dibawa ke RS Bhayangkara Jambi.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, transit ini dilakukan dalam rangka mempercepat penanganan korban. Sebab, jarak dari titik lokasi kecelakaan hingga RS Bhayangkara cukup memakan waktu yang lama.

“Saat ini 4 korban yang telah dievakuasi berada di Pos Merangin. Jadi jarak tempuh titik lokasi ke Pos Merangin 15 menit,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Selasa (21/2/2023).

Adapun jarak tempuh dari Pos Merangin menuju RS Bhayangkara memakan waktu satu jam dengan helikopter.

“Kemudian nanti akan diteruskan ke RS Bhayangkara Jambi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, memilih untuk mendahulukan 4 anak buahnya untuk dievakuasi terlebih dahulu dari Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Selasa (21/2/2023) siang.

Ramadhan mengatakan, Irjen Rusdi memilih mendahulukan empat anak buahnya itu karena keadaannya yang memungkinkan untuk dievakuasi.

Sebab, evakuasi dilakukan dengan metode hoist crane atau alat bantu angkat beban.

“Yang lebih memungkinkan menurut beliau (Kapolda Jambi) yang lebih memungkinkan dan lebih cepat (dievakuasi), empat anggotanya terlebih dahulu,” kata Ramadhan.

Atas keputusan itu, proses evakuasi pun berlangsung dramatis. Padahal, Polri menyatakan evakuasi ini difokuskan ke Irjen Rusdi yang mengalami luka parah di tangan kanan.

Adapun korban yang berhasil dievakuasi adalah Co-Pilot, AKP Amos Freddy P Sitompu; Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira; Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Michael Mumbunan; dan Adc, Briptu Muhardi Aditya.

Dengan begitu, masih ada 4 korban lainnya yang belum dievakuasi. Mereka adalah Kapolda Jambi; Koorspripim, Kompol Ayani; Pilot, AKP Ali Nurdin S Harahap, dan mekanik helikopter, Aipda Susilo.

Baca Juga: Alasan Kapolda Jambi Dahulukan Anak Buah: Memungkinkan dan Cepat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya