575 Anggota DPR 2019-2024 Dilantik, Begini Bunyi Sumpah Janjinya

Pelantikan dipimpin Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Rapat paripurna pelantikan anggota DPR RI 2019-2024 telah berlangsung hari ini, Selasa (1/10). Rapat dibuka oleh pimpinan sementara, yaitu anggota DPR tertua Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat dan anggota DPR termuda Hillary Brigitta Lasut dari Fraksi NasDem.

Acara ini dimulai setelah Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla memasuki ruang sidang paripurna 1. Keduanya datang bersama dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman.

Selanjutnya, 575 anggota terpilih DPR RI diambil sumpahnya oleh presiden dan dipandu Ketua MA Hatta Ali. Berikut bunyi sumpah janji anggota DPR RI:

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Usia 20-an hingga 80-an, Siapakah Anggota DPR MPR Tertua dan Termuda?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya