6 RT di Jakarta Selatan Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 170 Cm

Ketinggian air mencapai 170 sentimeter di Kelurahan Bangka

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Mohammad Insaf, mengatakan terdapat enam rukun tetangga (RT) di Jakarta Selatan yang terendam banjir, Jumat (12/11/2021) per pukul 18.00 WIB. Rinciannya, sebanyak dua RT di Kalibata banjir dengan ketinggian hingga 50 sentimeter akibat curah hujan tinggi.

Sementara, di Kelurahan Bangka, air mencapai 170 sentimeter menggenangi tiga RT disebabkan luapan Kali Mampang dan Krukut. Kemudian satu RT di Kelurahan Tegal Parang ketinggian air mencapai 40 sentimeter yang disebabkan Kali Mampang dan Krukut.

Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana & Disgulkarmat ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," ujarnya dalam keterangan tertulis.

1. Kawasan Pela Mampang terendam banjir satu meter

6 RT di Jakarta Selatan Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 170 CmPetugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Dikutip dari ANTARA, banjir setinggi satu meter menggenangi kawasan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Banjir disebabkan hujan deras yang melanda DKI Jakarta, Jumat (12/11/2021) sore.

Akses transportasi warga di Jalan Bangka XI Ujung bahkan lumpuh total lantaran tinggi genangan air mencapai satu meter lebih.

"Banjir sudah mulai dari pukul 15.30 WIB tadi, ini sudah biasa sebenarnya. Setiap tahun pasti banjir, ini kan hujannya sudah mulai reda. Ketinggiannya mungkin mencapai satu meter lebih," kata salah satu warga, Ronal.

2. Warga menggunakan tali tambang untuk melewati banjir

6 RT di Jakarta Selatan Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 170 CmIlustrasi hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Ronal menjelaskan, warga yang terkena dampak banjir sudah menyediakan tali tambang sebagai sarana melewati banjir.

"Kita sudah antisipasi pakai tambang, karena motor dan lain-lain, semuanya sudah tidak bisa lewat. Ini tidak bisa lewat kita hanya pegangan pakai tambang," kata pria berusia 47 tahun itu.

3. Banjir juga menggenangi Warung Buncit

6 RT di Jakarta Selatan Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 170 CmIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Mampang Prapatan, Kaslim M, mengatakan banjir tidak hanya merendam kawasan Jalan Bangka XI Ujung. Namun, juga melanda kawasan Warung Buncit, Pasar Jagal, Kebalen 7, dan perumahan Pondok Karya.

Dia menuturkan tingginya curah hujan membuat kawasan itu terendam dengan variasi genangan dari 80-100 sentimeter.

"Tidak menentu kadang dua meter, paling tinggi ada sekitar dua meter. Itu dari Kali ya. Kalau di pekarangan rumah sekitar 80-100 cm kurang lebih," kata dia.

Baca Juga: Anies Targetkan Genangan Air Hujan di Jakarta Surut dalam 6 Jam

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya